Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Operasi Katup Jantung, Kapan Mick Jagger Bisa Kembali Aktif di Panggung? Ini Kata Dokter

Karena katup jantungnya bermasalah, Mick Jagger dikabarkan akan menjalani operasi di New York akhir pekan ini, dan harus beristirahat total.

Penulis: Anita K Wardhani
zoom-in Operasi Katup Jantung, Kapan Mick Jagger Bisa Kembali Aktif di Panggung? Ini Kata Dokter
AFP/DON EMMERT
MICK JAGGER - Vokalis The Rolling Stones tampil di konser tunggalnya yang bertajuk "The Stones-50 and Counting" di Barclays Center, Brooklyn, New York, AS, pada Sabtu (8/12/2012). Ini adalah konser pertama band gaek asal Inggris itu dalam rangka perayaan 50 tahun mereka berkarya. (AFP PHOTO/DON EMMERT/DANIEL NGANTUNG) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Karena katup jantungnya bermasalah, Mick Jagger dikabarkan akan menjalani operasi di New York akhir pekan ini, dan harus beristirahat total untuk pemulihan.

"Mick Jagger telah dinasihati oleh dokter bahwa ia tidak dapat pergi tur saat ini karena ia membutuhkan perawatan medis," kata seorang perwakilan dari Rolling Stones.
Ini artinya, Mick Jagger belum bisa beraksi di panggung bersama , Rolling Stones.

Ya, demi prosedur pemulihan Mick Jagger, Rolling Stones menunda tur Amerika Utara mereka No Filter yang dijadwalkan berlangsung dari 20 April hingga 29 Juli 2019.

Baca: Sejak Dipindah ke Rutan Medaeng Vanessa Angel Mengeluh Tinggal di Sel Isolasi Kecil untuk 6 Orang

"Para dokter telah memberi tahu Mick bahwa dia diharapkan untuk beristirahat total selama pemulihan nanti sehingga dia bisa kembali ke atas panggung sesegera mungkin," tambahnya.

Melalui akun Twitter miliknya, Mick Jagger menekankan bahwa dia "hancur", namun akan bekerja keras untuk kembali ke atas panggung secepat mungkin.

"Saya minta maaf kepada semua penggemar kami di Amerika dan Kanada yang telah memiliki tiket. Aku sangat benci mengecewakan kalian seperti ini," tulis Jagger.

BERITA TERKAIT

"Saya hancur karena harus menunda tur, tetapi saya akan bekerja sangat keras untuk kembali ke panggung sesegera mungkin. Sekali lagi, permintaan maaf besar untuk semua orang," tuntasnya.

Lantas, apakahMick Jagger harus rehat total? Berapa lama dia harus istirahat sebelum kembali ke panggung.

Spesilis jantung dari RS Columbia Asia Pulomas, Dicky Hanafie, SpJP(K) menjelaskan jika operasi jantung setelah operasi butuh waktu seminggu untuk pemulihan di rumah sakit.

Kemudian setelah tindkaan perlu waktu tiga bulan lagi untuk proses rehabilitasi atau si penderita kembali normal menjalankan aktivitas.

“Yang tanpa operasi besoknya langsung sembuh tapi gak semua bisa tanpa operasi... Nah kalau operasi jantung terbuka pemulihannya itu seminggu, seminggu untuk dirawat waktu, umumnya tiga bulan untuk rehabilitasi ya,” kata dr. Dicky.

Baca: Mick Jagger Akan Jalani Operasi Jantung, Rolling Stones Tunda Tur

Mengenal Penyakit Katup Jantung

Mengenai penyakit katup jantung atau klep jantung seperti yang diderita oleh Mick Jagger, bisa terjadi karena kelainan atau gangguan pada katup.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas