Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kalbe Luncurkan Panel Baru dalam Pemeriksaan Genetik

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini melalui salah satu anak perusahaan PT Bifarma Adiluhung yang memiliki produk pemeriksaan genetik Nutrigen-me melun

Kalbe Luncurkan Panel Baru dalam Pemeriksaan Genetik
PT Kalbe Farma
Peluncuran panel baru Nutrigen-me dilaksanakan bersamaan dengan The 6th Jakarta Annual Meeting on Clinical Nutrition di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (23/8). 

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini melalui salah satu anak perusahaan PT Bifarma Adiluhung yang memiliki produk pemeriksaan genetik Nutrigen-me meluncurkan empat panel baru yaitu hormon, metilasi, inflamasi dan antioksidan, serta tidur dan gaya hidup.

Peluncuran panel ini ditandai dengan diskusi kesehatan yang mengangkat tema “Cegah Penyakit Kardiometabolik dan Obesitas dengan Diet Gen”, dengan pembicara dr. Win Johanes MS, SpGK, Ketua Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia Cabang Jakarta, dr. Bibiana Bailo selaku Ahli Nutrigenomik dari Universitas Toronto Kanada dan Julito P. Siahaan selaku Head of Genomic Business PT Bifarma Adiluhung. Peluncuran panel baru Nutrigen-me dilaksanakan bersamaan dengan The 6th Jakarta Annual Meeting on Clinical Nutrition di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (23/8).

”Kalbe berkomitmen dalam meningkatkan kesehatan untuk hidup yang lebih baik bagi masyarakat, salah satunya dengan mengajak masyarakat Indonesia untuk mulai memahami kesehatan tubuh melalui pemahaman genetik individu berbasis nutrigenomik,” ujar Julito P. Siahaan, Head of Genomic Business PT Bifarma Adiluhung.

Berkolaborasi dengan Nutrigenomix® dalam hal ini Universitas Toronto Kanada, dalam mengembangkan produk Nutrigen-me di Indonesia yang pemeriksaannya menggunakan saliva (air ludah) dalam kit sehingga lebih praktis, nyaman dan­­ tidak invasif.

"Saat ini kami memiliki lebih dari 70 penanda (gene marker) dan 11 panel, dimana 4 panel baru yang diluncurkan berkaitan dengan kesehatan kardiometabolik, gaya hidup dan hormon kita sebagai individu,” lanjut Julito.

 “Pemeriksaan genetik nutrigenomik perlu dilakukan untuk mengetahui nutrisi yang tepat dalam  memberikan rekomendasi kepada pasien untuk menjaga tubuh tetap sehat,” ujar dr. Win Johanes MS, SpGK, Ketua Organisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia Cabang Jakarta. ”Nutrigenomik merupakan satu terobosan ilmu genetika yang bisa mendukung kami para dokter gizi untuk memberikan konsultasi yang tepat, meal plan yang sesuai genetik, serta memandu aktivitas fisik pasien agar mendapatkan kondisi tubuh yang ideal dan sehat. ,” lanjut dr. Win.

”Kolaborasi Nutrigenomix® dan Kalbe sangat tepat dalam memberikan solusi kesehatan ke arah pencegahan sehingga layanan produk pemeriksaan nutrigenomik akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia saat ini,” ujar dr. Bibiana Bailo, Ahli Nutrigenomik dari Universitas Toronto Kanada.

Lebih lanjut, dr. Bibiana mengatakan, ”Secara global pemeriksaan nutrigenomik ini sudah menjadi trend terutama bagi orang yang memperhatikan kesehatan. Kesehatan bukan dalam konteks penyakit tapi lebih kepada pencegahan penyakit kardiometabolik terutama penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, gagal ginjal dan obesitas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun."

 ”Saya mengenal pemeriksaan nutrigenomik ini sudah lama di beberapa negara, sampai akhirnya salah satu dokter menyarankan untuk melakukan tes ini dan konsultasi dengan beliau. Awalnya saya rutin ke klinik dokter estetika untuk merawat kesehatan kulit, juga untuk menjaga tubuh tetap ideal (weight management) dengan mengkonsultasikan hasil nutrigenMe ke dokter gizi. Sangat dirasakan sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi dengan rekomendasi dokter gizi melalui meal plan dan rekomendasi olahraga sangat membantu saya dan keluarga untuk dapatkan hidup yang lebih sehat,” ujar Harumi, Beauty Influencer, Pemerhati Olahraga dan Kesehatan Tubuh.

Nutrigen-me merupakan salah satu produk pemeriksaan genetik yang mengaitkan kebutuhan nutrisi dan olahraga yang tepat sehingga menunjang pola hidup yang lebih sehat. Pemeriksaan Nutrigen-me ini mengecek 45 gen dan saat ini bertambah menjadi lebih dari 75 gen dengan total 11 panel.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas