Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hands For Diabetes

4 Mitos Meresahkan tentang Diabetes yang Harus Dibuang Jauh

Menjadi diabetesi (istilah untuk penderita diabetes) bukan berarti terkurung oleh pantangan ini-itu yang tidak menyenangkan. Berikut 4 mitos diabetes

BizzInsight
4 Mitos Meresahkan tentang Diabetes yang Harus Dibuang Jauh
Pixabay
Ilustrasi diabetes. 

TRIBUNNEWS.COM - Sejak dulu, diabetes telah jadi ancaman kesehatan bagi keluarga. Mengutip data WHO, diabetes merupakan salah satu dari 10 penyebab kematian utama di dunia. Data WHO pada tahun 2016 ini menunjukkan bahwa diabetes menempati peringkat ketujuh dengan 1,6 juta kasus kematian di dunia akibat diabetes.

Penyakit diabetes muncul ketika terjadi gangguan produksi atau kerja hormon insulin. Sedangkan insulin sangat diperlukan untuk mengontrol gula darah. Untuk itu, jika kamu atau anggota keluarga mengalami diabetes, menjaga kestabilan kadar gula dalam tubuh adalah hal terpenting untuk mencegah komplikasi diabetes.

Tapi, kamu perlu tahu berbagai fakta soal penyakit yang satu ini. Menjadi diabetesi (istilah untuk penderita diabetes) bukan berarti terkurung oleh pantangan ini-itu yang tidak menyenangkan. Berikut 4 mitos diabetes yang meresahkan dan harus dibuang jauh-jauh sekarang juga!

“Diabetesi nggak boleh ngemil!”

Ingatkan ini kepada diri maupun anggota keluargamu yang terkena diabetes: ngemil masih diperbolehkan.

Banyak yang berpendapat bahwa ngemil memicu kenaikan kadar gula darah, sehingga diabetesi wajib menjauhi segala aktivitas ngemil. Padahal, diabetesi bisa tetap ngemil, lho!

Tentu camilan yang dipilih tidak boleh sembarangan. Pilih camilan sehat yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dengan kalori terkontrol, dan hindari camilan yang tinggi kandungan lemak dan gulanya.

Sayur, buah, dan biji-bijian utuh bisa menjadi pilihan camilan sehat untuk diabetesi. Buah apel, sayur brokoli, biji bunga matahari, atau salad hijau cocok untuk dijadikan camilan sehat. Selain itu, makanan sumber protein seperti telur rebus, susu rendah lemak, dan yogurt tawar juga bisa menjadi alternatif camilan sehat diabetesi.

“Penderita diabetes sebaiknya tidak berolahraga.”

Mama, papa, nenek, dan kakek kamu harus tahu kalau olahraga itu penting, terutama ketika mereka sudah didiagnosis diabetes. Rutin berolahraga tidak boleh dilewatkan sebab dapat memperbaiki kontrol kadar gula darah, menurunkan risiko penyakit jantung, dan membantu menjaga berat badan pada penderita diabetes.

Baca: Catat, 4 Kebiasaan Buruk di Kantor yang Bikin Kamu Lebih Rentan Kena Diabetes

American Diabetes Association menyarankan penderita diabetes untuk rutin berolahraga aerobik (seperti bersepeda, berenang, dan berjalan) minimal 150 menit per minggu dan dikombinasikan dengan latihan beban minimal 2 kali per minggu.

Jangan lupakan olahraga ya! Pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga dan gunakan alas kaki yang tepat untuk mengurangi risiko luka. Tak lupa, cukup minum selama dan sesudah berolahraga juga penting.

“Diabetesi nggak boleh makan karbohidrat!”

Karbohidrat penting sebagai sumber energi. Namun, bagi diabetesi, dianjurkan memilih karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah alias tidak memicu kenaikan kadar gula dalam darah secara drastis, seperti beras merah, kacang-kacangan, sayur, dan gandum utuh.

Hindari terlalu banyak mengonsumsi sumber karbohidrat terafinasi, seperti nasi putih, gula, dan roti putih.

Untuk itu, pastikan asupan karbohidrat yang sehat selalu menjadi bagian dari menu makan ya!

“Makanan dan minuman manis nggak boleh dikonsumsi!”

Rasa manis merupakan sensasi yang begitu memanjakan lidah. Melahap makanan dan minuman manis sebenarnya tidak harus selalu menjadi pantangan, termasuk bagi para diabetesi.

Yang terpenting adalah memilih rasa manis yang lebih sehat. Salah satunya, dengan menghindari makanan maupun minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi. Ini merupakan tantangan yang cukup berat, sebab aneka jajanan kekinian yang memiliki kadar gula tinggi, seperti martabak, donat, cake, cheese tea, minuman bersoda, boba alias bubble tea, hingga kopi susu.

TS Sweetener Honey.
Tropicana Slim Sweetener Honey.

Diabetesi harus menghindari makanan dan minuman tersebut, sebab kunci terpenting adalah membatasi asupan gula dan lemak sembari mengontrol asupan kalori harian.

Salah satu produk terbaik untuk memberikan rasa manis yang lebih sehat adalah Tropicana Slim.

Produk Tropicana Slim telah dipercaya sebagai solusi bagi keluarga Indonesia untuk menghadirkan makanan dan minuman yang nikmat, juga lebih sehat karena bebas gula dan rendah lemak. Salah satu produk andalan Tropicana Slim adalah Tropicana Slim Sweetener Honey.

Baca: Di Hari Diabetes Sedunia, Tropicana Slim Kampanyekan #Hands4Diabetes

Tropicana Slim Sweetener Honey memaniskan makanan dan minuman favorit keluarga tanpa perlu khawatir kelebihan asupan gula. Selain rendah kalori dan bebas gula pasir, Tropicana Slim Sweetener Honey memberikan rasa manis yang nikmat.

Tropicana Slim Sweetener Honey dijamin bebas gula dan rendah kalori sehingga cocok dikonsumsi, termasuk untuk diabetesi.

Menjadi diabetesi bukan berarti tidak bisa hidup bahagia, bukan? Diabetes memang tidak dapat disembuhkan, tapi dapat dikontrol. Ingat, manisnya hidup kita yang tentukan. Yuk, lihat produk lainnya di sini! (*)

Penulis: Bardjan

Ikuti kami di
  Loading comments...
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas