Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Perkuat Imunitas dan Proteksi Diri Langkah Antisipasi Virus Corona



Selain memperkuat imunitas dengan gaya hidup dan pola makan sehat, juga diperlukan agar masyarakat memiliki asuransi kesehatan

Perkuat Imunitas dan Proteksi Diri Langkah Antisipasi Virus Corona


HandOut/Istimewa
ILUSTRASI. Pengukuran suhu tubuh. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM - Kemunculan wabah virus Corona menggemparkan dunia. Pada akhir Januari lalu, WHO selaku Organisasi Kesehatan Dunia memasukkan penyebaran virus Corona ke dalam situasi darurat global.

Masyarakat yang terinfeksi virus ini akan menunjukkan tanda dan gejala mirip flu atau batuk, seperti hidung berair, sakit kepala, batuk, radang tenggorokan, hingga gejala yang parah seperti pneumonia, dada sakit ketika bernapas dan demam tinggi. 


Saat ini belum ditemukan vaksin untuk mengobati pasien yang terjangkit virus Corona.


Sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menetapkan siaga satu terhadap virus Corona untuk mencegah penyebaran virus tersebut masuk ke Indonesia.



Pemerintah meningkatkan upaya pencegahan penyebaran virus Corona secara masif menggunakan termoscanner di pintu-pintu masuk Indonesia baik melalui darat, laut maupun udara. 



Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto pun menghimbau masyarakat agar tidak khawatir dan menjaga imunitas tubuh serta kebersihan tangan sebagai antisipasi penularan virus Corona.



Sistem imunitas tubuh terdiri dari organ, sel, jaringan, dan protein yang bekerja sama melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri asing.

Ketika sistem imunitas tubuh berfungsi dengan baik, tubuh dapat mendeteksi ancaman dan memicu respon kekebalan untuk menghancurkannya. 

Sistem imunitas tubuh secara luas terbagi menjadi dua bagian, yaitu kekebalan bawaan dan kekebalan adaptif.

Kekebalan bawaan adalah perlindungan alami yang dimiliki setiap manusia sejak lahir. 

Setelah mendeteksi adanya infeksi, kekebalan bawaan dalam bentuk sel darah putih akan merespon secara cepat dengan cara memproduksi ekstra lendir untuk menangkap bakteri atau virus dan meningkatkan thermostat tubuh, sehingga tubuh menjadi demam.

Sementara kekebalan adaptif adalah perlindungan yang diperoleh dengan cara melakukan vaksinasi.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas