Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Makan Teratur Saat di Rumah Saja, Mengapa Sering Sakit Lambung? Ini Penjelasan Dokter

elama di rumah saja karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah covid-19 banyak masyarakat yang mengeluhkan masalah keseha

Makan Teratur Saat di Rumah Saja, Mengapa Sering Sakit Lambung? Ini Penjelasan Dokter
Shutterstock
Punya masalah lambung? Ada obat alternatif pengganti Ranitidine yang jauh lebih aman. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Selama di rumah saja karena penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah covid-19 banyak masyarakat yang mengeluhkan masalah kesehatan.

Banyak yang mengeluhkan terjadi masalah pada lambung mereka seperti magh atau gerd yang kambuh bahkan hingga terasa panas dan nyeri di bagian dada.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Annisa Maloveny, Sp.PD menjelaskan kalau merasa makan teratur dan makan sehat selama di rumah aja tapi tetap magh, bisa jadi karena faktor stres.

Walaupun tidak sebesar efek dari makanan dan gaya hidup, faktor stres bisa membuat masalah lambung karena saat stres ada asam kuat yang bereaksi pada lambung.

"Ada sebagian kecil terkait magh karena faktor stres, kan asam lambung meningkat karena stres ini menimbulkan gejala gerd, sekitar 10 persen ada gerd berkaitan dengan acid," ungkap dr. Annisa saat webinar bersama RS Eka Hospital dan Sahabat KECC, Senin (22/6/2020).

Baca: Sengketa Merek Geprek Bensu Bikin Ruben Onsu Stres, Orang Jadi Mengecap Plagiat, Mencuri Nama

Baca: Trik Makan Buah Supaya Tidak Khawatir Penyakit Lambung Kambuh

Ilustrasi stres. Lama terkurung dalam rumah bisa mempengaruhi kesehatan mental.
Ilustrasi stres. Lama terkurung dalam rumah bisa mempengaruhi kesehatan mental. (freepik.com)

Masalah lambung karena stres ini juga bisa sama sensitifnya dengan magh karena faktor makanan seperti timbul rasa nyeri berlebih saat makan.

"Bisa sensitif baru satu sendok pertama gerd keluar semua, padahal makan masuk sedikit tapi waktu nyerinya cepat atau disebut hyperalgesia. Itu berkaitan dengan stres yang meningkat selama pandemi," kata dr. Annisa.

Dr. Annisa pun mengingatkan masyarakat untuk mengelola rasa stres selama pandemi ini untuk tetap memastikan kebugaran tubuh untuk menghindari covid-19.

Baca: Sudah Ada, Obat Maag Disebut-sebut Jadi Tanda Virus Corona Berakhir, Sudah Teruji?

Baca: Sederet Manfaat Menakjubkan Lidah Buaya Bagi Tubuh, Salah Satunya Efektif Atasi Asam Lambung

Hindari makanan-makanan yang mudah memancing masalah lambung seperti makanan yang tinggi lemak dan makan sesuai dengan jamnya.

"Pada saat pandemi jangan stres, kendalikan pola pikir karena semua ditentukan oleh mindset. Kalau positif thingking tubuh akan sehat, kalau sudah kelola stres bisa aktivitas sehari-hari dengan sehat, pola makan olahraga yang dianjurkan juga," ungkap dr. Annisa.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas