Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Tumbuhnya Belakangan, Mengapa Gigi Bungsu Sering Timbulkan Rasa Sakit? 

Pernah merasakan sakit gigi karena tumbuhnya si bungsu dari dalam mulut? Ya, gigi bungsu kerap menimbulkan sakit saat tumbuh.

Tumbuhnya Belakangan, Mengapa Gigi Bungsu Sering Timbulkan Rasa Sakit? 
sunnybrook-dental.com
Simak cara mengobati sakit gigi yang cepat dan mudah, tanpa perlu ke dokter gigi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pernah merasakan sakit gigi karena tumbuhnya si bungsu dari dalam mulut? Ya, gigi bungsu kerap menimbulkan sakit saat tumbuh.

Gigi bungsu atau gigi yang berada di bagian paling belakang biasanya akan tumbuh setelah usia 16 sampai 17 tahun dan saat tumbuh sering menimbulkan rasa sakit.

Permasalagan sakit gigi juga sering terjadi pada gigi bungsu ini. Lalu apa yang menyebabkan gigi bungsu sering sakit?

Dokter gigi, drg. Putri Kumala Santi, Sp.BM menjelaskan karena posisinya paling belakang dan tumbuhnya paling terakhir maka posisinya sering miring jadi menimbulkan sakit gigi.

"Gigi bungsu bisa miring sebagian tumbuhnya sepertinya tumbuh normal ternyata sakit," ucap drg. Putri saat live instagram bersama RS Jakarta, Rabu (25/6/2020).

Posisi miring ini akan membuat struktur pertumbuhan gigi berantakan misalnya mendorong gigi geraham sehingga menyebabkan gusi bengkak.

Baca: Tiga Saran dari Dokter Agar Terhindar dari Sakit Gigi Selama Pandemi Covid-19

Baca: Operasi Gigi Bungsu, Penahanan Anak Lelaki Ayu Azhari Ditangguhkan

Sakit gigi bungsu
Sakit gigi bungsu (IST)

Kemudian kembali lagi karena posisinya yang berada di paling belakang sering banyak sisa makanan yang nyangkut apalagi kalau tidak menggosok gigi hingga ke bagian belakang.

"Gigi bungsu kan di ujung jadi rentan ada sisa makanan terjebak terus yang di bagian atas susah disikat giginya, yang bawah gak nyampe juga gak kadang. Tetap harus dibersihkan supaya tidak infeksi," kata drg. Putri.

Segera konsultasikan dengan dokter kalau terasa sakit sampai bengkak yang besar untuk diketahui masalahnya bisa ditambal atau segera dicabut.

"Gigi bungsu sebenarnya untuk pengunyahan tidak berperan. Bisa dikonsultasikan ke dokter gigi penangannya bsia dicabut atau pasien mau tambal dulu deh," ungkap drg. Putri.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas