Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kamu Merasa Terlalu Kurus, Ini Tips Menaikkan Berat Badan Supaya Gak Berlebihan dan Tetap Sehat

- Di saat banyak orang yang menurunkan berat badan, sebagian orang juga ada yang sedang berusaha menaikkan berat badan karena terlalu kurus.

Kamu Merasa Terlalu Kurus, Ini Tips Menaikkan Berat Badan Supaya Gak Berlebihan dan Tetap Sehat
medicalnewstoday.com
Cara Menambah Berat Badan.(medicalnewstoday.com) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Di saat banyak orang yang menurunkan berat badan, sebagian orang juga ada yang sedang berusaha menaikkan berat badan karena terlalu kurus.

Untuk yang sedang berusaha menaikkan berat badan atau sedang mencari program untuk menaikkan berat badan pastikan pilih cara yang tetap memperhatikan kesehatan badan.

Ahli nutrisi Ardy Brian Lizuardi membagikan tips bagi yang ingin menaikan berat badan konsumsi 500 kalori tambahan dari batas kebutuhan kalori harian yaitu 2000 kalori untuk wanita dan 2000 kalori untuk pria.

"Kalau mau menaikkan berat badan supaya sehat tambahkan 500 kalori asupan sehari," ungkap Ardy saat webinar bersama Nutrifood, Selasa (30/6/2020).

Baca: Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan Tubuh: Bantu Penurunan Berat Badan hingga Mengelola Tekanan Darah

Baca: Anak Obesitas Punya Risiko Alami Pubertas Lebih Cepat

Ilustrasi obesitas
Ilustrasi obesitas (Istimewa)

500 kalori tambahan yang sehat bisa didapatkan dari makanan yang mengandung yang mengandung lemak tidak jenuh dan juga protein.

Untuk pilihan makanan tidak jenuh contohnya adalah buah alpukat sehingga meningkatkan massa lemak baik di dalam tubuh bukan lemak jahat yang bikin gendut.

"Buah alpukat yang bagus mengandung banyak lemak tak jenuh dalam jumlah tinggi terus kandungan lemaknya itu sehat banget jadi walaupun kalorinya naik tapi kualitasnya juga naik bisa menaikkan berat badan," kata Ardy.

Sementara pilihan protein yang sehat bisa didapatkan dari ikan laut seperti salmon, maupun ikan tenggiri atau ikan tongkol yang harganya lebih pas di kantong.

"Ikan-ikan kan laut yang banyak mengandung omega tiga jadi selain kalorinya bertambah tapi kualitasnya juga bagus jadi naik berat badannya itu ideal," ungkap Ardy.

Susu juga merupakan sumber protein yang bagus dan punya banyak manfaat lain seperti zat besi yang memperkuat tulang.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas