Tribun Kesehatan

Porsi Kacang dan Beras Merah yang Berlebihan Pada Menu MPASI Bisa Membuat Anak Sembelit

Porsi bahan-bahan makanan pada saat anak mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI jangan kebanyakan. Bisa sembelit.

Penulis: Anung Aulia Malik
Editor: Anita K Wardhani
Porsi Kacang dan Beras Merah yang Berlebihan Pada Menu MPASI Bisa Membuat Anak Sembelit
freepik.com/pch-vector
Cara mudah menangani bayi sembelit 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Porsi bahan-bahan makanan pada saat anak mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI) harus sangat diperhatikan. Jangan sampai kebanyakan karena bisa memicu sembelit.

Dokter spesialis anak, Dr. Titis Prawitasari, Sp.A(K) menyebutkan contoh makanan berlebihan yang membuat anak sembelit adalah kacang dan beras merah.

"Terlalu banyak memberikan beras merah, kacang-kacangan sering kali membuat pup lebih keras dibanding sebelum," ungkap dr. Titis saat live bersama IDAI beberapa waktu lalu.

Sayur dan buah bisa membantu melancarkan pencernaan, tapi kalau perut anak sedang baik-baik saja tapi porsi buah dan sayurnya berlebihan bisa membuat anak buang air besarnya jadi lebih lancar.

"Sembelit tidak ada hal khusus tapi kebanyakan, sayur dan buah pupnya lebih sering karena serat butuh cepat-cepat dikeluarkan," kata dr. Titis.

Baca: Shandy Aulia Ungkap Alasan Beri Claire MPASI Usia 4 Bulan, Beri Jawaban Bijak soal Bayi Harus Montok

Baca: Jangan Panik Dulu Saat Si Kecil Alami Sembelit, Ini Sederet Cara yang Bisa Anda Lakukan

Saat anak mengalami masalah sembelit, dr. Titis menyebutkan obat yang paling ampuh adalah ASI karena di dalam ASI ada kandungan air untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Kemudian di dalam ASI juga terkandung kalori, protein, maupun enzim yang mengembalikan permasalahan pada sistem pencernaan anak.

"Dahulukan ASI dulu, yang ada airnya, kalorinya, proteinnya, enzimnya yang terkandung kalau mau tambahan air putih setelah makan paling satu atau dua sendok karena komposisi ASI terbanyak adalah air, jadi gak usah takut," ungkap dr. Titis.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas