Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Tidur Jadi Solusi Kembalikan Mood Ibu Hami yang Tak Stabil, Bagaimana Kalau Tak Bisa Pejamkan Mata?

Mood yang berantakan kerap menjadi permasalahan pada wanita yang sedang hamil karena emosi jadi tidak terkontrol.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Tidur Jadi Solusi Kembalikan Mood Ibu Hami yang Tak Stabil, Bagaimana Kalau Tak Bisa Pejamkan Mata?
freepik
posisi tidur ibu hamil 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Mood yang berantakan kerap menjadi permasalahan pada wanita yang sedang hamil karena emosi jadi tidak terkontrol.

Ibu hamil bisa mudah terpancing emosinya dan badmood tiba-tiba padahal sedang berada di suasana yang sangat nyaman yang terjadi akibat kondisi hormon yang tidak stabil saat kehamilan.

Dermatologist dr. Vita Siphra Sirait, SpDV menyebutkan mood ibu hamil yang tidak stabil bisa diantisipasi dengan istirahat yang cukup.

Namun masalahnya lagi, ibu hamil biasanya pun susah tidur karena perubahan kondisi tubuh yang sebenarnya bisa diatasi dengan rutin melakukan olahraga ringan.

"Gangguan tidur dengan olaharga rutin itu bisa dihindari apalagi penyebabnya dengan gangguan mood dan sekaligus menghindari diabetes," ungkap dr. Vita saat live bersama Bamed Klinik, Kamis (27/8/2020).

Baca: TRIBUNNEWSWIKI - Hipertiroidisme, Produksi Hormon Tiroid Berlebih Penyebab Benjolan Besar Leher

Baca: Apakah Minum Kopi Masih Dibolehkan untuk Ibu Hamil?

Beberapa saran olahraga untuk ibu hamil adalah dengan melakukan jalan santai ataupun yoga untuk peregangan tubuh yang dapat dilakukan di sekitaran rumah saja.

BERITA REKOMENDASI

"Yoga bisa, jalan santai juga bisa intensitasnya bisa ditingkatkan per beberapa hari, bisa mulai dari 10 menit, lalu 20 menit, lalu 30 menit per hari," kata dr. Vita.

Kemudian kebugaran tubuh juga bisa membantu menjaga mood dengan mengonsumsi makanan beragam dan kaya multivitamin khususnya yang mengandung asam folat dan omega tiga yang terdapat pasa susu, buah, ikan dan kacang-kacangan.

Terakhir jangan lupa banyak minum air putih dengan menambahlan 300 hingga 800 mililiter (ml) air dari kebutuhan normal untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin.

"Minum air putih kalau untuk orang dewasa yang tidak hamil cukup dua liter per hari tapi kalau ibu hamil tambahkan lagi 300 hingga 800 ml air, sesuai kebutuhan juga," pungkas dr. Vita.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas