Tribun Kesehatan

Perusahaan Korsel Kembangkan 3 Jenis Perawatan Covid-19, Salah Satunya Disediakan untuk Indonesia

Daewoong Pharmaceutical mengembangkan tiga jenis perawatan COVID-19 seperti Camostat, Niclosamide (DWRX2003), dan perawatan sel punca (DWP710).

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Perusahaan Korsel Kembangkan 3 Jenis Perawatan Covid-19, Salah Satunya Disediakan untuk Indonesia
ist
Daewoong Infion, perusahaan farmasi joint venture asal Korea Selatan Daewoong Group telah mengantongi izin dari pihak regulator Indonesia di bidang kesehatan untuk melakukan uji klinis fase 1 untuk pengembangan terapi COVID-19 bernama ‘DWP710’. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan asal Korea Selatan Daewoong Pharmaceutical tengah mengembangKan tiga jenis perawatan COVID-19 yang diperkirakan akan rampung pada tahun 2021 dan akan mendistribusikannya ke lembaga medis atau kesehatan.

Untuk perawatan berbasis sel punca, Daewoong Pharmaceutical akan menyelesaikan uji klinis dan mendapatkan persetujuan Izin Penggunaan Darurat tahun depan dan menyediakannya untuk masyarakat Indonesia.

Sengho Jeon, CEO Daewoong Pharmaceutical mengatakan, Daewoong Pharmaceutical mengembangkan tiga jenis perawatan COVID-19 seperti Camostat, Niclosamide (DWRX2003), dan perawatan sel punca (DWP710) secara bersamaan.

"Ketiganya dilakukan secara bersamaan untuk menyediakan pilihan tindakan yang dapat dilakukan tenaga kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kondisi pasien," kata Sengho Jeon, CEO Daewoong Pharmaceutical saat Daewoong Media Day yang dilakukan secara daring belum lama ini.

Untuk memperkuat responsivitas petugas medis dalam menangani COVID-19, perusahaan berencana mengembangkan perawatan berdasarkan kondisi pasien seperti kesulitan pernapasan ringan, sedang, parah, dan akut.

Baca: Selama 3 Tahun, Daewoong Infion Bukukan Total Penjualan Erythropoietin Rp 145 Miliar

"Serta menyediakan perawatan kesehatan yang mempertimbangkan kemudahan pemberian obat oral dan injeksi," kata Sengho.

Untuk mengembangkan perawatan Covid-19 menggunakan bahan-bahan Camostat yang telah telah dipasarkan sejak tahun 2012 sebagai pengobatan pankreatitis.

"Mempertimbangkan cara kerjanya, produk ini diharapkan efektif dalam merawat pasien bergejala ringan dan sedang, yang melingkupi 80% dari seluruh pasien COVID-19," katanya.

Sebagai obat oral, produk berbahan Camostat dapat diresepkan dan dilakukan dimana saja sehingga pasien tidak perlu dirawat inap.

"Saat ini Fostar sedang menjalani uji klinis fase 2 di Meksiko serta di Korea," katanya.

Sementara DWRX2003 merupakan perawatan COVID-19 yang menggunakan Niclosamide dengan komponen anthelmintik.

Produk inovatif ini menggunakan teknologi IM Depot Injection, teknologi unggulan yang dikembangkan di Daewoong Pharmaceutical.

"Berdasarkan penelitian Niclosamide telah terbukti memiliki efek antivirus yang lebih unggul dibandingkan dengan remdesivir atau chloroquine, namun efektivitasnya (drug bioavailability) dapat menurun apabila diberikan sebagai obat oral," katanya.

"DWRX2003" dari Daewoong Pharmaceutical telah dikembangkan untuk menggantikan obat oral dengan menggunakan teknologi Depot Injection sehingga tingkat efektivitasnya (drug bioavailability) dapat ditingkatkan secara optimal.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas