Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Layanan Telemedicine Jadi Solusi untuk Pasien Kanker Anak di Masa Pandemi

Layanan Telemedicine Jadi Solusi untuk Pasien Kanker Anak di Masa Pandemi

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Layanan Telemedicine Jadi Solusi untuk Pasien Kanker Anak di Masa Pandemi
IST
Layanan Telemedicine Jadi Solusi untuk Pasien Kanker Anak di Masa Pandemi 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyangsih

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di awal pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia membuat banyak pasien yang menunda ke rumah sakit. Alasan utamanya takut tertular infeksi Covid-19. Karena rumah sakit tempat berobat, termasuk pasien Covid-19.

Berlarut-larutnya pandemi hingga hampir sembilan bulan membuat rumah sakit dan berbagai pihak berbenah untuk membuat keamanan pasien non Covid-19.




Pasalnya, penyakit non Covid-19 juga perlu penanganan. Bila pasien takut berobat dikhawatirkan  penyakit lain kasusnya akan 'meledak'. Diantaranya kanker pada anak.

Data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan, dari 83 pasien Covid-19 pada anak, 10 di antaranya adalah penderita kanker.

Pandemi menyebabkan banyak perubahan pada layanan kanker anak di pusat-pusat kanker anak di seluruh Indonesia. Mengingat ini adalah virus baru, dampaknya pada anak dengan kanker juga belum sepenuhnya dipahami oleh tenaga medis.

Baca juga: Amankah ke Rumah Sakit Saat Pandemi Covid-19? Lebih Baik Lakukan Telemedicine, Kecuali Darurat

Prof. dr. Djajadiman Gatot SpA(K) dari FKUI/RSCM, menjelaskan, semakin dini ditemukan maka hasil akhir pengobatan kanker pada anak juga akan memuaskan. Terapi bisa diberikan sedini mungkin sehingga angka kesembuhan meningkat. 

BERITA TERKAIT

Terapi kanker yang bersifat sistemik seperti kemoterapi, akan mengakibatkan efek samping pada organ tubuh maupun gangguan imunitas tubuh (immunocompromise).

Baca juga: Halodoc, Gojek dan Kemenkes Siapkan Layanan Telemedicine Check Covid-19

“Sebelum diobati pun kanker sudah menganggu sistem imun, apalagi kalau sudah diberikan kemoterapi. Anak dengan kanker akan semakin rentan mengalami infeksi virus, bakteri atau jamur, termasuk virus Covid-19,” jelas Prof. Gatot di acara webinar ilmiah “Paradigma Baru Penanganan Kanker pada Anak di era Pandemi” yang diselenggarakan Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI) dan UKK Hematologi Onkologi, Ikatan Dokter Anak Indonesia, pada Sabtu (7/11/2020).

Selain menempatkan anak pada risiko tinggi tertular Covid-19, selama pandemi juga banyak ditemui kendala dalam perawatan kanker pada anak. Kendala pelayanan yang dimaksud antara lain keterbatasan stok obat kemoterapi dan jumlah donor darah menurun. 

Dr. Nadirah Rasyid Ridha, SoA(K) dari Divisi Hematologi Onkologi Anak Universitas Hasanudin/RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, Makasar, mengatakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah mengakibatkan keterlambatan diagnosis dan pengobatan. 

“Banyak pasien yang drop out pengobatan selama kemoterapi, akibat tidak tersedia ruang isolasi. Ruangan isolasi di rumah sakit dan jumlah tenaga medis banyak yang diperbantukan untuk melayani pasien Covid-19,” jelasnya.

Beberapa pasien kanker anak yang hasil tes PCR-nya terbukti positif, lanjut dr. Ridha, harus menjalani isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif Covid-19. Pasien yang tidak terinfeksi Covid-19 pun juga harus menunda kemoterapi intensif agar daya tahan tubuh tidak semakin turun. 

“Dampak penundaan kemoterapi adalah tidak tercapai remisi dan kemungkinan relaps  tinggi, bahkan menyebabkan kematian,” ujar dr Ridha.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas