Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bugar, Pola Hidup Sehat, Mengapa Atlet Seperti Ricky Yacobi Kena Serangan Jantung? Ini Kata Dokter

Serangan jantung dikenal sebagai salah satu penyebab kematian terbesar, yang datang secara tiba-tiba. Tak terkecuali pada atlet.

Bugar, Pola Hidup Sehat, Mengapa Atlet Seperti Ricky Yacobi Kena Serangan Jantung? Ini Kata Dokter
https://pixabay.com/
Ilustrasi serangan jantung (https://pixabay.com/) 

TRIBUNNEWS.COM - Serangan jantung dikenal sebagai salah satu penyebab kematian terbesar, yang datang secara tiba-tiba. Tak terkecuali pada olahragawan atau atlet yang terlihat bugar dan pola hidupnya sehat.

Kondisi serupa pula yang menimpa legenda sepakbola nasional Ricky Yacobi, pada Sabtu (21/11/2020) pagi.

Mantan striker timnas PSSI yang juga dikenal dengan nama Ricky Yacobi ini dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung.

Sebelum mengembuskan napas terakhir, dia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta.

Baca juga: Ucapan Duka Cita Menpora Atas Meninggalnya Ricky Yacobi: Selamat Jalan Legenda

Baca juga: Jenazah Legenda Timnas Indonesia Ricky Yacobi Disambut Isak Tangis Saat Tiba di Rumah Duka

Ricky sebelumnya tak sadarkan diri setelah mencetak gol dalam laga Trofeo Medan Selection di Lapangan A Senayan, pagi tadi.

Peristiwa semacam ini bukan kali pertama menimpa atlet atau pun pegiat olahraga yang dalam kesehariannya terlihat bugar.

Orang-orang yang gemar berolahraga atau bahkan atlet tak jarang menjadi "sasaran" serangan jantung, yang mengakibatkan kematian.

Legenda sepakbola Indonesia Ricky Yacobi diduga mengalami serangan jantung saat bermain bola di Lapangan A Senayan, Sabtu (21/11/2020). Ia kemudian dikabarkan menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr Mintoharjo Jakarta.
Legenda sepakbola Indonesia Ricky Yacobi diduga mengalami serangan jantung saat bermain bola di Lapangan A Senayan, Sabtu (21/11/2020). Ia kemudian dikabarkan menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr Mintoharjo Jakarta. (istimewa)

Lalu, apa kemungkinan yang sebenarnya terjadi pada kasus semacam ini?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RS Pusat Jantung Harapan Kita, Prof Dr Yoga Yuniadi Harkit, SpJP(K) pernah memberikan penjelasannya.

Dalam artikel yang pernah dilansir Kompas.com, Yoga menyebut, salah satu pemicu seseorang yang rajin berolahraga mengalami serangan jantung adalah adanya kelalaian dalam pre-participation screening.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas