Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Penyintas Covid-19 Tunjukkan Gejala yang Berbeda, Asupan Pangan Penting di Fase Pemulihan

Pemerintah mengajak semua disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya demi menekan tingkat penularan Covid-19.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Penyintas Covid-19 Tunjukkan Gejala yang Berbeda, Asupan Pangan Penting di Fase Pemulihan
IST
Dokter Twindy Rarasati, seorang penyintas Covid-19 di acara Dialog Produktif bertema Vaksin Sebagai Perencanaan Preventif Kesehatan, Senin (23/11/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mengajak semua disiplin mematuhi protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya demi menekan tingkat penularan Covid-19.

Selain itu, imunitas harus selalu dijaga supaya masyarakat memiliki daya tahan yang baik di tengah pandemi.

Dokter Twindy Rarasati, seorang penyintas Covid-19 menyampaikan pesan penting tersebut di acara Dialog Produktif bertema Vaksin Sebagai Perencanaan Preventif Kesehatan" di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (23/11/2020).

Sebagai tenaga kesehatan, Twindy menyatakan dirinya harus menanggung risiko penularan Covid-19 yang lebih besar ketimbang masyarakat pada umumnya.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan, dia sempat dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Tinggi, Erick Thohir Berpesan Kita Jangan Lengah

"Awalnya, saya langsung sesak nafas, lalu merasakan sakit kepala, kelelahan, hilangnya indera penciuman dan pengecapan. Namun, saya tidak mengalami demam atau batuk," jelasnya.

Baca juga: Pakar: Vaksin Covid-19 Belum Tersedia untuk Anak-anak

Dokter Twindy Rarasati menjelaskan, banyak sekali gejala yang dapat timbul ketika seseorang terinfeksi SARS CoV-2.

BERITA TERKAIT

Itu sebabnya, dokter Twindy menganjurkan agar kita selalu memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh.

"Saya sempat dirawat di rumah sakit selama dua minggu dan melakukan isolasi mandiri selama dua minggu lagi di rumah. Setelah itu, saya dinyatakan sembuh dan bisa kembali bekerja," kata Twindy.

Tingkatkan Imunitas

Dokter Twindy juga menjelaskan, selama proses pemulihan, indra perasa dan penciumannya berangsur pulih setelah dia sempat kehilangan fungsi kedua indra tersebut selama empat atau lima hari.

"Saya mengatur pola makan dengan asupan makanan berkalori dan berprotein tinggi. Ini menjadi upaya untuk meningkatkan imunitas," ujarnya ketika bercerita tentang perawatan yang dijalani. 

Karena berprofesi sebagai dokter dan berada di garda terdepan, Twindy menyadari bahwa dirinya menanggung risiko tertular Covid-19 yang lebih besar ketimbang masyarakat pada umumnya.

Demi mencegah risiko penularan, Twindy terlebih dulu melakukan mitigasi.

"Saya sudah menerapkan protokol kesehatan di rumah. Ada ruangan terpisah dan sudah ada alurnya. Aktivitas makan juga tidak dapat dilakukan bersama untuk mengurangi risiko penularan pada anggota keluarga lain," tuturnya.

Berdasarkan pengalamannya sebagai penyintas, Twindy mengungkapkan bahwa protokol kesehatan harus dipatuhi dengan sebaik-baiknya.

"Tanggung jawab menjalankan protokol kesehatan berada dalam diri kita sendiri. Kita juga jangan lupa untuk terus update ilmu pengetahuan agar bisa mengetahui apa yang harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19."

"Untuk saat ini, kita harus terus berjuang melawan Covid-19, dan tetap bersemangat. Kita bisa bangkit dan mengatasi pandemi ini," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas