Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Dukung Medical Tourism, RSIA KMC dan CSC Gelar Kerjasama Layanan Laboratorium dan Bank Tali Pusat

Tali Pusat menjadi investasi kesehatan luar biasa yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan harapan bagi si bayi maupun keluarga lainnya.

Editor: Willem Jonata
zoom-in Dukung Medical Tourism, RSIA KMC dan CSC Gelar Kerjasama Layanan Laboratorium dan Bank Tali Pusat
net
ilustrasi sel punca 

TRIBUNNEWS.COM - Tali Pusat juga merupakan penghubung antara janin yang sedang tumbuh dengan plasenta yang memungkinkan membawa oksigen dan nutrisi kepada bayi dalam kandungan.

Setelah bayi lahir, tali pusat dipotong dan biasanya dibuang sebagai limbah medis atau ditanam sesuai adat istiadat.

Namun semakin berkembangnya ilmu kedokteran, terlebih lagi Kedokteran Preventive & Regeneratif menggunakan sel punca.

Karenanya, tali pusat menjadi investasi kesehatan luar biasa dan akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan harapan bagi si bayi maupun keluarga lainnya di masa datang.

Sel punca atau tali pusat telah digunakan untuk terapi pada hampir 80 tipe penyakit dengan lebih dari 35.000 transplantasi.

Belum lama ini, telah berlangsung penandatanganan perjanjian kerjasama antara Rumah Sakit Ibu dan Anak Kemang Medical Care (RSIA KMC) dengan Celltech Stem Cell Centre (CSC), mengenai pelayanan laboratorium dan bank Sel Punca khususnya mengenai Tali Pusat ini.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks Lewat Vaksinasi HPV

Baca juga: Sederet Manfaat Teh Kembang Sepatu untuk Kesehatan Dilengkapi dengan Nilai Gizi dan Cara Membuatnya

Baca juga: Kaya Nutrisi dan Mineral, Bok Choy Bisa Jadi Menu Diet Sehat Anda

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Vinski Tower. Dihadiri oleh Muswirah Jusuf Kalla, owner RSIA KMC dan Prof. dr. Deby Vinski, MSc, PhD, owner dan investor CSC. Hadir pula tim dari RSIA KMC dan CSC itu sendiri.

Bertepatan dihari ulang tahun Dr Deby Vinski yang merupakan pelopor ilmu kedokteran anti aging Indonesia dirinya melaunching program The Empire Medical Tourism di Vinski Tower, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2016). The Empire Medical Tourism merupakan program untuk memberikan informasi kepada dunia tentang perkembangan dan layanan kesehatan dibidang kedokteran anti-aging, Indonesia setara dengan negara-negara maju lainnya. Tribunnews/Jeprima
Bertepatan dihari ulang tahun Dr Deby Vinski yang merupakan pelopor ilmu kedokteran anti aging Indonesia dirinya melaunching program The Empire Medical Tourism di Vinski Tower, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2016). The Empire Medical Tourism merupakan program untuk memberikan informasi kepada dunia tentang perkembangan dan layanan kesehatan dibidang kedokteran anti-aging, Indonesia setara dengan negara-negara maju lainnya. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)
BERITA TERKAIT

Silaturahmi RSIA KMC dan CSC juga berlanjut, Kamis, (4/3/2021).

Tim dokter RSIA KMC dipimpin oleh Direktur Utama RS KMC dr. Efo Prapriatna MM, MARS, A. Bambang Tridoyo, dr Achmad Mediana, Sp.OG, dr. Frizar Irmansyah, Sp.OG, dr. Agung Witjaksono, SpOG, serta tim dokter lainnya, melihat lebih dekat seperti apa laboratorium dan bank stem cell yang dimiliki CSC.

Sementara, tim CSC yang wakili oleh Prof. dr. Deby Vinski, MSc, PhD, Prof. Dr. Jafar Basri, MSc, dr. Huntal Napoleon, SpBP, Dra. Maria Rahayu dan Mr. Ashwin Lakhwani, menyambut mereka.

CSC merupakan laboratorium riset, pengolahan dan penyimpanan sel punca yang telah memiliki izin operasional dari KEMENKES dan terakrediatsi WOCPM.

Baca juga: Apakah Penderita Diabetes Aman Divaksin Covid-19 ? Ini Penjelasan Dokter

Laboratorium berstandar International dengan UPS (Uninteruptable Power System) dimana sistem listrik dengan back up teknologi tercanggih tanpa khawatir listrik padam dan Kelebihan CSC dibandingkan dengan laboratorium dan bank stem cell lain adalah karena CSC memiliki metode Quantum Stem Cell hanya ada 2 di Asia yaitu Celltech di Indonesia dan Jepang.

Quantum Stem Cell merupakan suatu teknologi canggih berupa metode yang dilakukan secara closed system dimana sel akan diproliferasi dalam waktu lebih singkat 100-300 kali lipat di bandingkan dengan cara konvensional.

Kemudian sel yang dihasilkan dengan kualitas terbaik akan disimpan di Bank Stem Cell yang dimiliki oleh CELLTECH yang nantinya dapat digunakan untuk keperluan medis di masa depan bagi pasien dan keluarganya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas