Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Kualitas Hidup Lansia Bisa Meningkat Saat Mobilitasnya Tidak Terbatas

Fisik yang sudah 'tidak muda' membuat mobilitas menjadi berkurang, inilah yang dialami para lanjut usia (lansia).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kualitas Hidup Lansia Bisa Meningkat Saat Mobilitasnya Tidak Terbatas
screenshot
Wakil Ketua I IPK Indonesia sekaligus Psikolog Astrid Wiratna, dalam agenda virtual yang digelar Pardi Solusi, Rabu (17/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kondisi 'menua' tentunya pasti dialami semua orang, mereka yang mengalami hal ini akan semakin terbatas dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri.

Fisik yang sudah 'tidak muda' membuat mobilitas menjadi berkurang, inilah yang dialami para lanjut usia (lansia).

Wakil Ketua I IPK Indonesia sekaligus Psikolog Astrid Wiratna, mengatakan bahwa setiap orang pasti akan mengalami 'penuaan' dalam kehidupannya.

Proses penuaan ini juga akan berpengaruh pada kemampuan fisik, psikologis dan sosialnya.

Oleh karena itu, kelompok ini membutuhkan dukungan dari keluarga agar kualitas hidup para lansia ini bisa kembali meningkat.

"Dalam hal ini, dukungan dan kepedulian keluarga juga berpengaruh untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang," ujar Astrid, dalam agenda virtual yang digelar Pardi Solusi, Rabu (17/3/2021).

Baca juga: Manfaat Kuning Telur untuk Anak, Dewasa, dan Lansia

Ia pun menekankan kuaklitas hidup para lansia ini akan kembali meningkat jika mereka memiliki fasilitas penunjang yang mampu memudahkan aktivitas mereka.

BERITA TERKAIT

"Penting bagi setiap orang untuk tetap memiliki mobilitas yang optimal dan leluasa melakukan aktivitas yang tetap bisa dilakukan di area lingkungan rumah, demi kesehatan psikologis, kesejahteraan dan kualitas hidup yang lebih baik," jelas Astrid.

Penyediaan fasilitas ini, satu diantaranya melalui pengadaan lift dalam rumah.

Fasilitas seperti lift merupakan komponen penting bagi para lansia agar aktivitas mereka di dalam rumah yang memiliki tingkat bisa dilakukan secara mudah.

Penggunaan lift ini juga tidak hanya baik bagi lansia, namun juga mereka yang merupakan kelompok penyandang disabilitas.

Selain itu, para anggots keluarga juga akan dapat secara mudah berinteraksi satu dengan lainnya.

"Bahkan terbuka kemungkinan bahwa lift di dalam rumah juga dapat mempermudah semua anggota keluarga untuk melakukan penataan ulang ruang keluarga setiap waktu mereka butuhkan," kata Astrid.

Sementara itu Arsitek sekaligus Principal PT Ekspresi Artistika Arie Bakrie menyampaikan penggunaan lift dalam rumah (Home Lift) merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang mobilitas.

Terlebih saat ini tren hunian mulai bergeser ke arah hunian vertikal yang lebih simple dan modern.

"Apalagi saat ini tren tempat tinggal cenderung ke arah vertikal untuk menyiasati lahan terbatas dan tingginya harga lahan," kata Arie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas