Tribun Kesehatan

Anak-anak Hingga Orang Dewasa Bisa Terserang Tuberkulosis    

Penyakit yang ditularkan dari manusia ke manusia ini dapat disembuhkan jika pasien berobat secara teratur hingga selesai masa pengobatan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Anak-anak Hingga Orang Dewasa Bisa Terserang Tuberkulosis    
Tuberkulosis 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Angka penderita penyakit Tuberkulosis (TBC) di Indonesia merupakan yang tertinggi kedua di dunia, setelah India yang menempati posisi pertama.

Seperti yang tercatat dalam lapotan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2020.

Dokter Spesialis Paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati dr Silmu Kaffah SpP mengatakan bahwa penyakit ini disebabkan bakteri mycobacterium tuberculosis dan merupakan jenis penyakit menular.

"Jadi tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberkolosis," ujar dr Silmi, dalam talkshow live Instagram @radiokesehatan, Senin (22/3/2021).

Ia menjelaskan bahwa penyakit TBC dapat ditularkan ke anak maupun orang dewasa.

Baca juga: Wamenkes: Vaksin AstraZeneca Masih Aman Digunakan atas Keputusan WHO

"Dan ini menularnya dari manusia ke manusia, dapat menyerang siapa saja, jadi bisa anak ataupun dewasa," jelas dr Silmi.

Sedangkan untuk organ yang paling sering terkena adalah paru, namun tidak menutup kemungkinan bisa menyerang organ lainnya, satu diantaranya tulang belakang.

"Sebagian besar menyerang paru, tetapi bisa juga menyerang organ bagian luar," kata dr Silmi.

Baca juga: Penularan Tuberkulosis dan Covid-19 Sama-sama Lewat Droplet

Kendati demikian, kata dia, penyakit yang ditularkan dari manusia ke manusia ini dapat disembuhkan jika pasien berobat secara teratur hingga selesai masa pengobatan.

"Perlu diingat, tuberkulosis dapat disembuhkan dengan cara berobat teratur sampai dengan selesai pengobatan," pungkas dr Silmi.

Perlu diketahui, setiap harinya, diperkirakan ada 2.300 orang yang menderita TBC di dunia.

Hal ini diperburuk dengan munculnya pandemi virus corona (Covid-19) yang membuat para penderita penyakit ini terhambat dalam mendapatkan layanan kesehatan. 
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas