Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Setiap Tahun 400 Ribu Remaja Putri Diberikan Suplemen Penambah Darah

Program MITRA Youth ini dijalankan oleh Nutrition International, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, Australia, dan Kanada.

Setiap Tahun 400 Ribu Remaja Putri Diberikan Suplemen Penambah Darah
Screenshoot konferensi pers daring
Diseminasi Program Pencegahan Anemia pada Remaja Putri, Kamis (27/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebagai pencegahan anemia, setiap tahun 400 ribu lebih remaja putri di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT) diberikan suplemen mingguan tablet tambah darah (TTD).

Program MITRA Youth ini dijalankan oleh Nutrition International, bekerjasama dengan pemerintah Indonesia, Australia, dan Kanada.

Program yang dibarengi dengan pendidikan gizi ini dilaksanakan dari 2017 hingga 2020 di 5.859 SMU di dua provinsi tersebut.

Direktur Gizi Masyarakat, Kementerian Kesehatan Dhian Probhoyekti menuturkan,  Kementerian Kesehatan mengapresiasi komitmen Nutrition International dalam memperbaiki gizi remaja sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Indonesia.

"Memperbaiki gizi remaja menjadi kunci mengatasi stunting. Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk meningkatkan status gizi remaja putri melalui pendidikan gizi seimbang dan pemberian suplemen TTD," ujarnya dalam diskusi daring, Kamis (27/5/2021).

Baca juga: Penderita Autoimun Diminta Hati-hati Pilih Suplemen

Country Director Nutrition International Dr. Sri Kusyuniati menambahkan, dalam mencegah efek malnutrisi yang tidak dapat disembuhkan, maka pemilihan waktu sangatlah penting.

Setelah waktu krusial di masa kanak-kanak, masa remaja memberi kesempatan kedua untuk meningkatkan nutrisi, pertumbuhan dan perkembangan.

Gizi yang baik pada masa remaja ini dapat mendorong pertumbuhan fisik dan mental yang optimal; memberikan remaja kekuatan dan fokus untuk belajar, bekerja, menangkal penyakit, dan berpartisipasi penuh di masyarakat.

"MITRA Youth dapat memberdayakan remaja putri dengan pengetahuan dan suplemen demi meningkatkan gizi mereka. Kami bangga dengan perjalanan program ini dalam meningkatkan gizi remaja dan membantu memperkuat komitmen pemerintah terhadap kesehatan remaja,” kata Dr. Sri.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas