Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ini Tanda Peringatan Penyakit Jantung yang Bisa Muncul di Kulit

Berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung yang bisa terlihat di kulit dan kuku untuk Anda waspadai

Ini Tanda Peringatan Penyakit Jantung yang Bisa Muncul di Kulit
TRIBUN/DANY PERMANA
Tim dokter Rumah Sakit Jantung Diagram Siloam Group melakukan tindakan pengobatan invasif nonbedah pada pembuluh darah koroner yg mengalami penyempitan, di Rumah Sakit Jantung Diagram, Depok, Kamis (29/8/2019). Rumah Sakit Jantung Diagram milik Siloam Group yang baru diresmikan ini dapat membantu pasien untuk tindakan Primary Percutaneous Coronary Intervention (PPCI) atau membuka sumbatan pada pembuluh darah koroner. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Tidak semua penyakit jantung menunjukkan gejala nyeri di sekitar dada. Tanda peringatan penyakit jantung juga bisa muncul di kulit.

Itulah sebabnya dokter kulit bisa menjadi dokter pertama yang memperhatikan bahwa sesorang menderita penyakit berbahaya ini atau tidak.

Berikut adalah beberapa gejala penyakit jantung yang bisa terlihat di kulit dan kuku untuk Anda waspadai:

1. Warna biru atau ungu di kulit

Warna biru atau ungu di kuli Anda bisa menjadi tanda adanya penyumbatan di pembuluh darah. Saat Anda sangat kedinginan, kulit Anda bisa membiru atau ungu.

Sementara jika area kulit Anda berwarna biru atau ungu padahal kondisi lingkungan normal atau hangat, itu bisa jadi pertanda darah Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.

Tanpa pengobatan, kekurangan oksigen ini dapat menyebabkan kulit dan jaringan di bawahnya pada akhirnya mati. Dalam bahasa medis, gejala penyakit jantung ini bisa dikenal sebagai sianosis, mengacu pada warna kebiruan pada kulit.

2. Garis biru atau ungu di kulit

Beberapa orang mungkin akan melihat garis biru atau ungu di kulit saat merasa kedinginan. Saat kulit menghangat, pola ini menghilang.

Garis biru dan ungu di kulit juga bisa muncul sebagai efek samping dari minum obat tertentu. Sayangnya, garis biru dan ungu di kulit bisa pula menjadi tanda penyakit yang disebut sindrom emboli kolesterol.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Muhammad Barir
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas