Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Ini Sederet Nutrisi yang Penting Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19

Nutrisi dan hidrasi yang tepat tentu sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ini Sederet Nutrisi yang Penting Dikonsumsi Selama Pandemi Covid-19
Tribunnews.com
Foto ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nutrisi dan hidrasi yang tepat tentu sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Orang yang mengkonsumsi makanan seimbang, cenderung memiliki tubuh yanh lebih sehat karena sistem kekebalannya lebih kuat.

Sehingga risiko terkena penyakit kronis dan penyakit menular seperti virus corona (Covid-19) pun menjadi lebih rendah.

Oleh karana itu, anda harus mengkonsumsi berbagai makanan yang segar dan tidak diproses setiap hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, protein serta antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Konsumsi banyak air putih

Dikutip dari laman www.emro.who.int, Jumat (25/6/2021), anda bisa memulainya dengan mengkonsumsi air yang cukup dan menghindari konsumsi gula, lemak serta garam.

Karena menghindari gula, lemak dan garam akan secara signifikan menurunkan risiko kelebihan berat badan, obesitas, penyakit jantung, stroke, diabetes dan jenis kanker tertentu.

Baca juga: Tak Hanya Makanan Bernutrisi, Lansia Juga Butuh Ini untuk Raih Hidup Berkualitas

BERITA TERKAIT

Mengkonsumsi makanan yang segar dan tidak diproses setiap hari

Nah cara lain menjaga daya tahan tubuh adalah melalui konsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti jagung yang belum diproses, millet, gandum, beras merah, umbi atau akar bertepung seperti kentang, ubi, talas dan singkong.

Selain itu, anda dapat pula mengkonsumsi makanan yang berasal dari hewani seperti daging, ikan, telur dan susu.

Setiap harinya, anda disarankan untuk mengkonsumsi 2 cangkir buah, 2,5 cangkir sayuran 5 porsi, 180 gram biji-bijian, dan 160 gram daging serta kacang-kacangan.

Untuk daging merah dapat dikonsumsi 1 sampai 2 kali per minggu, sedangkan unggas 2 hingga 3 kali per minggu.

Untuk cemilan anda, sebaiknya pilihlah sayuran mentah dan buah segar daripada makanan yang tinggi gula, lemak atau garam.

Jangan memasak sayuran dan buah terlalu lama, karena dapat menyebabkan hilangnya vitamin penting yang terkamdung di dalamnya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas