Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Mengenal Healthy Aging yang Jadi Fase Penting Saat Lansia

Konsep healthy aging ini harus diketahui pula oleh kelompok usia dewasa, agar dapat mempersiapkan usia tua yang selalu sehat.

Mengenal Healthy Aging yang Jadi Fase Penting Saat Lansia
ist
Medical and Scientific Affairs Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Dr. dr. Ray Basrowi, MKK., dalam webinar bertajuk 'Background Briefing Healthy Aging', Senin (26/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menjadi tua tentunya tidak akan bisa dihindari siapapun, namun untuk bisa selalu sehat saat memasuki usia senja (healthy aging) menjadi impian bagi banyak orang.

Perlu diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut healthy aging sebagai proses yang tidak hanya mengembangkan dan mempertahankan kemampuan fungsional atau kesehatan fisik saja, namun juga sosial dan mental.

Jika proses ini bisa dijalani, tentu dapat meningkatkan kualitas hidup para lanjut usia (lansia).

Karena itu, konsep healthy aging ini harus diketahui pula oleh kelompok usia dewasa, agar dapat mempersiapkan usia tua yang selalu sehat.

Apa saja yang harus diketahui kelompok usia dewasa dalam upaya memiliki kesehatan yang tetap baik dan produktif saat memasuki usia tua?

Baca juga: Diet Rendah Garam Kurangi Risiko Hipertensi, MSG Bisa Jadi Solusi Agar Makanan Tetap Lezat

Medical and Scientific Affairs Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Dr. dr. Ray Basrowi, MKK.,  mengatakan bahwa ada dua elemen utama yang dapat mendorong optimalnya healthy aging saat usia kian bertambah.

Baca juga: Apakah Olahraga di Malam Hari Sebabkan Paru-paru Basah? dr. Nadia Beri Penjelasan

"Asupan nutrisi seperti intervensi nutrisi dalam bentuk functional food product dan dukungan edukasi tentang konsep healthy aging merupakan dua komponen terpenting dalam memaksimalkan healthy aging," ujar Dr. Ray, dalam webinar bertajuk 'Background Briefing Healthy Aging', Senin (26/7/2021).

Menurutnya, dua faktor ini memiliki peran untuk memastikan populasi dewasa muda Indonesia saat ini, menjadi penduduk lansia yang memiliki kualitas kesehatan baik serta tetap produktif pada usia lanjut.

Ia menambahkan bahwa melihat dari bukti yang ada, intervensi nutrisi dapat memberikan manfaat bagi orang dewasa untuk menjaga kekebalan dan kesehatannya yang cenderung mengalami penurunan seiring bertambahnya usia.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas