Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Peran Inovasi Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan, Khususnya Pasien Penyakit Tidak Menular

Berdasarkan data WHO, sekitar 74 persen dari semua kematian di Singapura, Malaysia dan Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM).

Peran Inovasi Teknologi dalam Pelayanan Kesehatan, Khususnya Pasien Penyakit Tidak Menular
Bet_Noire
Ilustrasi kanker 

TRIBUNNEWS,COM - Berdasarkan data WHO, sekitar 74 persen dari semua kematian di Singapura, Malaysia dan Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM).

Terlebih lagi sejak pandemi COVID-19, pasien PTM tidak datang ke klinik dan rumah sakit untuk pengobatan, apalagi diagnosis dini.

Akibatnya, ada potensi ledakan kasus komplikasi yang akan meningkatkan beban perawatan di masa depan.

Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan inovasi dalam layanan kesehatan.

HMI Group, yang merupakan penyedia layanan kesehatan swasta regional di Singapura, Malaysia dan Indonesia, menginvestasikan lebih dari SGD 32 juta untuk meluncurkan teknologi medis yang inovatif dan platform digitalisasi.

Inovasi ini diharapkan bisa diterapkan di beberapa negara, di mana HMI Group sudah memiliki jaringan, termasuk Indonesia.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Cegah Kanker hingga Mencerahkan Kulit

Fabrice Leguet, Managing Director of Siemens Healthineers, Asia Tenggara menjelaskan, sistem kesehatan di masing-masing negara berbeda, sehingga dibutuhkan pendekatan yang berbeda pula.

Sistem dan masalah kesehatan di Indonesia berbeda dengan negara di Asia Tenggara lainnya, misalnya Singapura, Vietnam atau Malaysia.

Singapura, misalnya,  sudah memiliki infrastruktur kesehatan yang kuat, tetapi menghadapi tantangan populasi lansia yang cukup tinggi.

Sementara negara-negara seperti Filipina dan Indonesia masih berfokus pada cakupan perawatan kesehatan universal mengingat populasi penduduknya yang besar dan tersebar di wilayah yang berupa kepulauan yang luas.

Halaman
123
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas