Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Kesehatan
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

7 Tips Maksimalkan Konsultasi Dokter Secara Online

konsultasi medis secara daring (telemedicine) menjadi hal yang semakin diminati dan menjadi pilihan di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat.

7 Tips Maksimalkan Konsultasi Dokter Secara Online
Jones Day
Ilustrasi. 7 Tips Maksimalkan Konsultasi Dokter Secara Online 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES, mengatakan pandemi Covid-19 sudah menjadi game changer dan mengubah cara hidup selama ini.

Salah satunya adalah meningkatnya peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari, termasuk cara mendapatkan layanan kesehatan.

Roy mengatakan konsultasi medis secara daring (telemedicine) menjadi hal yang semakin diminati dan menjadi pilihan di tengah terbatasnya mobilitas masyarakat.

Baca juga: Aplikasi Telemedicine Ini Tawarkan Konsultasi Daring Hingga Layanan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Pendarahan Otak Tukul Arwana Dikaitkan dengan Vaksin Covid-19, Dokter RS PON Buka Suara

"Meskipun tidak serta merta menggantikan konsultasi tatap muka dengan dokter, telemedicine menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mendapatkan akses terhadap perawatan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau," kata Roy, kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

"Terlebih bagi pasien dengan keterbatasan mobilitas karena kondisi kesehatannya, perjuangan pasien dan caregiver untuk ke klinik atau rumah sakit bisa diminimalkan," imbuhnya.

Roy yang merupakan advisor dari aido health, aplikasi kesehatan terintegrasi yang menjadi kolaborator resmi Kementerian Kesehatan RI dalam penanggulangan Covid-19 dan sudah bekerjasama dengan dokter dari EMT Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan bahwa pada umumnya konsultasi dokter secara daring dilakukan dengan menggunakan fitur chat.

Namun, kini masyarakat dapat melakukan konsultasi kesehatan secara tatap muka (video call).

Ilustrasi dokter.
Ilustrasi dokter. (Kompas.com)

Hadir dengan konsep yang dengan berbagai dokter dari berbagai Rumah Sakit yang bisa dipilih sendiri oleh pengguna menggunakan aplikasi aido health.

"Tak hanya itu, aplikasi aido health pun terintegrasi dengan basis fasilitas kesehatan lain seperti Farmasi di rumah sakit yang menjadi mitra, Klinik, dan Laboratorium. Dengan begitu, pengguna bisa merasa lebih nyaman dan yakin karena telah mengetahui latar belakang dokter dan rumah sakit yang menanganinya," katanya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas