Tribun Kesehatan

Jarang Kontrol Gula Darah, Wamenkes: 3 dari 4 Orang Tak Sadari Derita Diabetes

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono menyebut sekitar 3 dari 4 orang penderita diabetes melitus tidak menyadari dirinya menderita DM.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Whiesa Daniswara
Jarang Kontrol Gula Darah, Wamenkes: 3 dari 4 Orang Tak Sadari Derita Diabetes
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono menyatakan, sebagian besar atau sekitar 3 di antara 4 orang penderita Diabetes Melitus (DM) tidak menyadari kalau dirinya menderita penyakit DM.

Hal itu dipicu kurangnya kesadaran terhadap kontrol gula darah berkala.

“Hasil survey diabetes pada orang sehat ternyata lebih dari 2/3 orang tidak mengetahui bahwa mereka menderita diabetes," kata Dante dalam Temu Media Hari Diabetes Sedunia yang disiarkan virtual pada Senin (15/11/2021).

"Artinya fenomena diabetes seperti fenomena gunung es, di mana yang menderita diabetes jauh lebih banyak dibandingkan yang sudah diketahui diabetes,” lanjutnya.

Baca juga: Wamenkes Dante Saksono Ingatkan Segera Obati Diabetes Sejak Dini untuk Cegah Komplikasi

Penyakit diabetes tidak hanya disebabkan pola hidup yang kurang sehat. Tapi juga karena faktor keturunan.

Artinya, setiap orang berpotesi mengalami diabetes, jika diikuti dengan gaya hidup yang buruk seperti kurang aktivitas fisik, kegemukan, hipertensi, merokok, dan diet tidak seimbang.

Oleh karenanya, pentingnya pola hidup sehat dan deteksi dini terutama bagi kelompok yang berisiko tinggi terkena diabetes.

Cara ini, lebih efisien dan efektif untuk menangani pasien daripada saat mereka sudah jatuh sakit.

“Diabetes bukan hanya mengobati soal gula darah saja. Ada jauh yang lebih penting yakni memberikan layanan kesehatan kepada pasien diabetes mulai dari hulu sampai hilir," katanya.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas