Tribun Kesehatan

Musim Hujan, Vaksinasi Flu Disebut Penting Bagi Pengidap Penyakit Jantung

Musim hujan seperti yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada November ini, membuat seseorang rentan terkena flu.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Wahyu Aji
Musim Hujan, Vaksinasi Flu Disebut Penting Bagi Pengidap Penyakit Jantung
Freepik
Ilustrasi Suntik Vaksin 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Musim hujan seperti yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada November ini, membuat seseorang rentan terkena flu.

Suhu dingin kian memudahkan flu menyerang.

Dokter Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dr Humaera Elphananing Tyas mengatakan flu bisa berakibat fatal bagi orang yang berisiko.

Menurut WHO, mereka yang berisiko antara lain anak-anak, ibu hamil, lansia, hingga pemilik komorbid salah satunya penyakit jantung.

Pada pengidap gangguan jantung, flu berpotensi meningkatkan stres yang bisa menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah meningkat. 

Jika dibiarkan, kondisi ini bisa memberi tekanan berlebih pada jantung sehingga serangan jantung rentan terjadi. 

"Penyakit jantung yang didapat pada usia dewasa biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti merokok dan kurang aktivitas fisik. Penyakit ini juga dapat dipicu penyakit lain yang diderita, semisal darah tinggi, kencing manis, dan kolesterol tinggi," kata Humaera dalam keterangannya, Senin (15/11/2021).

Ia mengatakan mereka yang berisiko tinggi terserang flu fatal seperti pengidap penyakit jantung agar melakukan vaksinasi flu.

Sebab menurut penelitian Inggris tahun 2020, vaksinasi influenza bisa mengurangi risiko serangan jantung hingga 45 persen.

Baca juga: Gandeng Tokoh Masyarakat Ahmad Syaiful Acong, Mahyudin Gelar Vaksinasi di 3 Kecamatan Kutai Barat

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas