Tribun Kesehatan

Pengertian, Manfaat hingga Efek Samping dari Pengobatan Kemoterapi

Berikut ini pengertian kemoterapi, manfaat kemoterapi, beserta efek samping dari seseorang yang melakukan kemoterapi.

Penulis: Kristina Wulandari
Editor: Inza Maliana
Pengertian, Manfaat hingga Efek Samping dari Pengobatan Kemoterapi
Twitter P2TPM Kemenkes
Ilustrasi kemoterapi - Berikut ini pengertian kemoterapi, manfaat kemoterapi, beserta efek samping dari seseorang yang melakukan kemoterapi. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini pengertian kemoterapi, manfaat kemoterapi, beserta efek samping dari seseorang yang melakukan kemoterapi.

Hal yang terlintas pertama kali saat seseorang memikirkan kemoterapi ialah mual dan muntah hebat selama berminggu-minggu, diare dan kerontokan rambut.

Mengutip dari cancercenter.com, kemoterapi adalah perawatan obat yang menggunakan bahan kimia kuat untuk membunuh sel-sel yang cepat tumbuh pada tubuh seseorang.

Baca juga: Efek Samping Kemoterapi Pasien Kanker, Muntah hingga Gangguan Seksualitas Tapi Bisa Diminimalisir

Kemoterapi paling sering digunakan untuk mengobati kanker, karena sel kanker tumbuh dan berkembang biak jauh lebih cepat daripada kebanyakan sel dalam tubuh.

Meskipun kemoterapi adalah cara yang efektif untuk mengobati banyak jenis kanker, pengobatan kemoterapi juga membawa risiko efek samping.

Beberapa efek samping kemoterapi ringan dapat diobati, sementara yang lain dapat menyebabkan komplikasi serius.

Bagaimana kemoterapi digunakan dalam pengobatan kanker?

Hal tentang bagaimana kemoterapi digunakan dalam pengobatan tergantung pada jenis dan stadium kanker serta seberapa agresifnya.

Beberapa kanker, seperti limfoma indolen atau kanker prostat, mungkin tidak memerlukan perawatan segera, tetapi kemoterapi pada akhirnya dapat direkomendasikan jika kanker berkembang.

Kemoterapi juga dapat digunakan untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh kanker stadium lanjut, yang meningkatkan kualitas hidup pasien.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas