Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Anak - Anak Lebih Berisiko Terserang Flu Dibanding Orang Dewasa, Ini Cara Terbaik Mengatasinya

Anak lebih rentan terserang penyakit ini lantaran risiko penularan bisa mencapai 30 persen, atau lebih tinggi dari orang dewasa,

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Anak - Anak Lebih Berisiko Terserang Flu Dibanding Orang Dewasa, Ini Cara Terbaik Mengatasinya
istimewa
anak lebih rentan terserang penyakit ini lantaran risiko penularan bisa mencapai 30 persen, atau lebih tinggi dari orang dewasa yang hanya memiliki peluang 5-10 persen. 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Salah satu penyakit yang sering muncul saat musim hujan adalah infeksi pernapasan akut atau ISPA seperti flu.

Hal ini disebabkan karena suhu dingin di musim hujan, menciptakan kondisi yang ramah terhadal virus dan membuatnya lebih mudah menular.

Flu jadi penyakit yang dinilai remeh karena dianggap sama seperti salesma atau common cold. Padahal keduanya disebabkan jenis virus berbeda.

Baca juga: Bill Gates Berharap Covid-19 Tidak Lebih Parah Dibandingkan Flu Musiman Tahun Depan

Baca juga: Covid-19 Jadi Pandemi Paling Mematikan dalam Sejarah AS, Lampaui Influenza 1918

Flu sendiri disebabkan virus influenza, yang bisa menyebabkan komplikasi berbahaya semisal pneumonia bahkan hingga kematian.

Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) Prof. dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K), PhD mengatakan seseorang yang terkena flu biasanya mengalami gejala demam di atas 37,8 derajat celsius, batuk, dan pilek.

"Walaupun gejalanya sama, selesma atau pilek ini sebenarnya berbeda dengan flu. Banyak yang menganggap kedua penyakit itu sama. Padahal, flu itu kan karena virus influenza, kalau selesma itu virusnya beda. Keduanya terjadi akibat infeksi saluran
pernafasan akut," kata Cissy dalam keterangannya, Selasa (23/11/2021).

BERITA REKOMENDASI

Cissy mengatakan anak - anak lebih rentan terserang penyakit ini lantaran risiko penularan bisa mencapai 30 persen, atau lebih tinggi dari orang dewasa yang hanya memiliki peluang 5-10 persen.

Para orang tua diminta meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan anak - anaknya, apalagi musim hujan saat ini masih diselimuti pandemi Covid-19.

Mengompres menggunakan air dingin tidak akan efektif menurunkan suhu tubuh saat anak demam
Mengompres menggunakan air dingin tidak akan efektif menurunkan suhu tubuh saat anak demam (Istimewa)

Namun jika hal tak diinginkan terjadi, para orang tua diharap tak gampang panik saat anaknya tiba - tiba terserang demam.

"Selesma, flu, dan Covid-19 gejalanya bisa dibilang sama. Bila anak terserang demam dan batuk, jangan panik. Apalagi, kalau lingkungannya bersih dan aman," ucap Cissy.

Untuk menghindari ketiga jenis virus tersebut dan penyakit ISPA lainnya, para orangtua dianjurkan menerapkan 5M pada seluruh anggota keluarga dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan.

Tak hanya itu, para orangtua juga diharapkan dapat memenuhi kebutuhan gizi dan cakupan vitamin anak serta memberikan vaksinasi yang sesuai.

Terkait vaksinasi, vaksin Covid-19 tak bisa mencegah bahaya influenza. Oleh karenanya, seorang anak tetap disarankan mendapatkan vaksin influenza meskipun telah mendapatkan vaksin Covid-19. Tujuannya, untuk mencegah infeksi influenza yang berbahaya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas