Tribun Kesehatan

Pakar Pangan IPB Sebut MSG Aman Selama Penggunaannya Tak Berlebihan

Dengan penggunaan MSG di masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang berinovasi membuat makanan sendiri di rumah maupun untuk berwirausaha

Editor: Eko Sutriyanto
Pakar Pangan IPB Sebut MSG Aman Selama Penggunaannya Tak Berlebihan
iStock
ilustrasi MSG 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di masyarakat santer terdengar bahwa penggunaan monosodium glutamate (MSG) pada makanan dapat membahayakan kesehatan seseorang.

Namun  pernyataan itu ditepis oleh pakar pangan yang menyebutkan MSG aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

Pakar Pangan Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Purwiyanto Hariyadi, PhD mengatakan, sejak tahun 1988, melalui peratutan no.23 MSG dinyatakan aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa, dengan penggunaan secukupnya dan tidak berlebihan.

"Peraturan Menteri Kesehatan-Permenkes tahun 1988 telah diperbaharui menjadi Permenkes Nomor 33 Tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan dengan isi yang sama yaitu menyatakan bahwa MSG aman dikonsumsi sebagai bahan penguat rasa Umami," kata Purwiyanto Hariyadi saat acara webinar Tren Pangan 2022 Bersama MNG secara daring, Kamis (2/12/2021).

Tidak heran, dengan penggunaan MSG di masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang berinovasi membuat makanan sendiri di rumah maupun untuk berwirausaha.

Baca juga: Diet Rendah Garam Kurangi Risiko Hipertensi, MSG Bisa Jadi Solusi Agar Makanan Tetap Lezat

Hal itu karena MSG dapat memberi cita rasa kenikmatan Umami yg lezat.

“Cita rasa atau kenikmatan dalam pangan itu penting membangun rasa happy atau senang dan juga mood booster saat mengonsumsi sesuatu. Ini juga penting berkenaan dengan kesehatan mental,” ujarnya.

Prof Purwiyatno Hariyadi PhD menyatakan,  asupan makanan tentu menjadi hal yang penting bagi masyarakat saat ini, khususnya ditengah pandemi COVID-19.

Hal ini juga tak lepas dari kebiasaan generasi milenial yang hobi dan mencoba mengkonsumsi berbagai makanan baru.

Menurut dia, diperlukan inovasi terkait asupan makanan diantaranya yang memberikan jaminan keamanan, memaksimumkan unsur yang diinginkan, serta meminimalkan unsur yang tidak diinginkan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas