Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Musim Hujan Tiba, Waspadai ISPA

Warga tidak boleh menurunkan kewaspadaan, terutama saat memasuki musim hujan tahunan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Erik S
zoom-in Musim Hujan Tiba, Waspadai ISPA
Sciencing
Ilustrasi Salah satu penyakit yang sering terjadi di musim hujan adalah terkait dengan sistem pernapasan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia saat ini menunjukkan penurunan kasus Covid-19 Namun warga tidak boleh menurunkan kewaspadaan, terutama saat memasuki musim hujan tahunan.

Perubahan cuaca membuat tubuh lebih rentan jatuh sakit, sehingga meningkatkan risiko tertular Covid-19 karena sistem kekebalan mereka yang melemah.

Menurut, para pakar kesehatan peningkatan jumlah partikel air di udara membuat seseorang berisiko dua kali lipat terkena berbagai infeksi yang ditularkan melalui udara.

Hal ini disebabkan kandungan air yang tinggi di udara memungkinkan berbagai mikroorganisme berbahaya berkembang biak lebih cepat daripada di iklim yang lebih hangat dan lebih kering.

Baca juga: Epidemiolog Usul Pemerintah Pakai Proxy Method untuk Deteksi Virus Covid-19 Varian Omicron

Salah satu penyakit yang sering terjadi di musim hujan adalah terkait dengan sistem pernapasan.

Berdasarkan penyakit yang dialami pengguna di platform Good Doctor (GD) yang berkonsultasi dengan dokter dalam jangka waktu selama akhir Oktober hingga minggu kedua November 2021 menunjukkan peningkatan kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mendominasi kategori telekonsultasi.

BERITA TERKAIT

Hal ini cukup mengkhawatirkan jika tidak pencegahan kesehatan untuk meningkatkan kekebalan seseorang selama periode musim hujan.

Head of Medical PT Good Doctor Technology Indonesia dr. Adhiatma Gunawan memaparkan, tren Diagnosis menunjukkan peningkatan ISPA sebesar 1—2 persen setiap minggunya dan diprediksi meningkat menjadi 10 persen pada minggu-minggu berikutnya.

Baca juga: Masyarakat Butuh Ruang Pengaduan Terkait Penanganan dan Pelanggaran Covid-19

"Mayoritas telekonsultasi pada aplikasi mobile kesehatan digital tidak hanya berasal dari Jabodetabek, tetapi juga dari kota-kota lain, seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Palembang, Medan, Denpasar, dan Ujung Pandang," ungkapnya dalam GoodTalkSeries kerja sama Good Doctor (GD) dan Redoxon, beberapa waktu lalu.

ISPA adalah infeksi akut yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan dapat menular ke orang lain.

Bagian tubuh yang terkena dapat berupa hidung, sinus, faring, dan laring.

Gejala yang mungkin dirasakan antara lain pilek, bersin, batuk, dan hidung tersumbat. Menurut healthline.com, risiko ISPA akan meningkat pada orang yang sistem kekebalannya lemah.

Anak-anak dan orang tua termasuk dalam kelompok dengan daya tahan tubuh yang rendah.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas