Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Apa Itu Stunting? Berikut Penjelasan dan Penyebab Stunting pada Anak

Saat ini masih banyak anak yang tidak mendapatkan asupan gizi yang baik sehingga terjadi stunting, apa itu stunting?

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Apa Itu Stunting? Berikut Penjelasan dan Penyebab Stunting pada Anak
Tribun Batam/argianto Dihan Aji Nugroho
Sejumlah anak bermain saat mengikuti pencanangan kelurahan bebas stunting di Kota Batam, Rabu (3/11). Sebanyak 28 Kelurahan dicanangkan menjadi kelurahan bebas stunting di Kota Batam oleh BKKBN Republik Indonesia guna menuju generasi emas pada tahun 2045. (Tribun Batam/Argianto Dihan Aji Nugroho) 

TRIBUNNEWS.COM - Saat ini masih banyak anak yang tidak mendapatkan asupan gizi yang baik sehingga terjadi stunting.

Asupan gizi yang baik didapatkan dari makanan yang tepat sesuai yang tersedia.

Gizi yang baik adalah pondasi penting bagi seorang anak untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, terutama bagi mereka yang tumbuh dan berkembang di lingkungan rentan.

Dikutip dari Kemkes.go.id, hasil survei Status Gizi Indonesia (SGI) 2021 menunjukkan 1 dari 4 anak Indonesia mengalami stunting dan 1 dari 10 anak mengalami gizi kurang.

Baca juga: Peringati Hari Gizi Nasional 2022, Kemenkes Imbau Ibu Perhatikan Masalah Stunting & Obesitas Anak

Baca juga: Menko PMK: Penanganan Stunting Akan Diintegrasikan Antar-Kementerian

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan, upaya strategis yang harus dilakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah gizi terutama stunting dimulai dengan deteksi dini.

"Penguatan promosi pemberian makanan bayi dan anak mencakup inisiasi menyusui eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan dan sampai dengan 2 tahun. Pemberian makanan pendamping ASI (MP ASI) dengan mengutamakan asupan makanan tinggi protein hewani sejak anak berusia 6 bulan yang mana sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak," katanya pada talkshow Hari Gizi Nasional secara virtual, Selasa (25/1/2022).

Lantas, apa itu Stunting?

BERITA TERKAIT

Sebagian besar masyarakat mungkin belum memahami istilah "Stunting".

Guna mewujudkannya pencegahan stunting serta menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi, Partai Gelora Indonesia DKI Jakarta mendirikan Posko Gen 170 di Kantor DPW Partai Gelora DKI, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2021).
Guna mewujudkannya pencegahan stunting serta menurunkan tingkat kematian ibu dan bayi, Partai Gelora Indonesia DKI Jakarta mendirikan Posko Gen 170 di Kantor DPW Partai Gelora DKI, Jalan Ahmad Yani, Jakarta Pusat, Rabu (22/11/2021). (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Diktuip dari dinkes.karanganyarkab.go.id, stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Kondisi tubuh anak yang pendek seringkali dikatakan sebagai faktor keturunan (genetik) dari kedua orang tuanya, sehingga masyarakat banyak yang hanya menerima tanpa berbuat apa-apa untuk mencegahnya.

Padahal, genetika merupakan faktor determinan kesehatan yang paling kecil pengaruhnya bila dibandingkan dengan faktor perilaku, lingkungan (sosial, ekonomi, budaya, politik), dan pelayanan kesehatan.

Dengan kata lain, stunting merupakan masalah yang sebenarnya bisa dicegah.

Penyebab Stunting pada Anak

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas