Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Penanganan Varises dan Tiroid Bisa Dilakukan Tanpa Pembedahan

Dulu penanganan varises dilakukan dengan prosedur pembedahan, luka sayatan cukup besar sekitar 3-4 cm untuk mengambil varisesnya. Kini tidak lagi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Penanganan Varises dan Tiroid Bisa Dilakukan Tanpa Pembedahan
freepik
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Dunia medis terus berkembang termasuk dalam penanganan varises maupun tiroid.

Kini, kedua masalah tersebut dapat ditangani tanpa perlu melakukan pembedahan sehingga minim luka dan bekas sayatan.

Penyakit Varises sering kali disepelekan, karena dianggap ringan.

Padahal jika tidak diterapi, bisa menimbulkan dampak serius seperti pembengkakan pada kaki, kaki menjadi lebih berat, kebas, pegal dan kesemutan.

Pada fase ini, aktivitas fisik penderita bisa terganggu. Ketika berjalan dan melakukan aktivitas yang berlebihan maka timbul keluhan seperti pegal atau kram.

Baca juga: Cara Menghilangkan Varises Tanpa Operasi, Coba 5 Obat Tradisional Alami Ini

Baca juga: Apa Itu Kanker Tiroid Papiler? Ini Penjelasan, Gejala, dan Karateristiknya

Bahkan pada kondisi yang lebih serius, varises bisa menimbulkan luka yang sulit sembuh hingga bertahun-tahun.

BERITA TERKAIT

"Penting agar penanganan varises dilakukan dengan metode yang tepat sesuai dengan tingkat keparahannya," kata dokter spesialis bedah toraks, kardiak dan vaskular dr. Wirya A. Graha, Sp.BTKV dalam konferensi pers yang digelar RS Bethsaida di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Diketahui, dahulu pengobatan varises dilakukan dengan prosedur pembedahan yang memerlukan luka sayatan cukup besar sekitar 3-4 cm untuk mengambil varisesnya, namun dengan teknologi masa kini, varises bisa diobati dengan prosedur bedah yang minim luka dan sayatan kecil dengan EVLA (Endovenous Laser Ablation).

“Luka hanya sekitar 1-2 mm yang akan menghilang dalam waktu 1-2 minggu. Terapi EVLA terbukti aman dan efektif untuk mengobati varises” kata dia.

Melalui metode laser ini, pegal dan kram akan berkurang dan dalam waktu 3-4 minggu varises akan hilang dan bekas lukapun pulih dengan cepat.

Sementara itu untuk penanganan penyakit tiroid, kini dikembangkan tindakan minimal invasif tanpa operasi untuk menghilangkan pembesaran kelenjar tiroid jinak dengan Radio Frequency Ablation (RFA) dan Percutaneous Ethanol Injection Ablation (PEIA) tergantung tumor padat atau berbentuk kista.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Diabetes, Endokrin dan Metabolik dr. Rochsismandoko, Sp.PD, KEMD, FINASIM, FACE mengatakan, dengan prosedur RFA untuk tumor jinak tiroid maka benjolan tiroid dapat berkurang antara 47,7 persen -96,9 persen.

Baca juga: Ketahui Gangguan Tiroid dan Bentuk Penanganannya

"Terapi ini tidak membutuhkan sayatan dan hanya menggunakan pembiusan lokal, sehingga pasien lebih nyaman, aman dan persiapan untuk tindakan juga jauh lebih sederhana," kata dia dalam kesempatan yang sama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas