Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Perempuan Lebih Rentan Terkena Hipertensi Dibandingkan Laki-Laki

Risiko penyakit Hipertensi angka semakin meningkat seiring peningkatan usia. Semakin tua usia seseorang, maka semakin besar risikonya.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Perempuan Lebih Rentan Terkena Hipertensi Dibandingkan Laki-Laki
Tribun Medan
Ilustrasi hipertensi atau tekanan darah tinggi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Risiko penyakit Hipertensi angka semakin meningkat seiring peningkatan usia. Semakin tua usia seseorang, maka semakin besar risikonya.

Namun selain usia, ternyata ada faktor lain yang memengaruhi. Yaitu perbedaan antara gender laki laki dan perempuan. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Pokja Panduan Konsensus InaSH, dr Siska Suridanda Dany Sp JP FIHA.

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 dari Kementerian Kesehatan, didapati pada populasi desa, usia perempuan di atas 18 tahun lebih tinggi mengalami hipertensi yaitu 36,9. Sedangkan pada laki-laki adalah 31 persen.

Baca juga: Bikin Tekanan Darah Naik, Ini Makanan yang Perlu Dihindari Pemilik Hipertensi

Baca juga: Terkena Hipertensi dan Harus Berobat Seumur Hidup, Perempuan Ini Bersyukur Punya JKN-KIS

"Secara keseluruhan perempuan lebih tinggi. Namun memang pada kelompok dewasa muda laki laki lebih tinggi. Sedangkan usia tua, perempuan membalap dan angka keseluruhan jauh lebih tinggi," ungkapnya dalam konferensi pers virtual yang diadakan InaSH, Jumat (18/2/2022).

Hipertensi pada perempuan menurut dr Siska unik dan berbeda. Perempuan mempunyai siklus hidup yang mengalami perubahan hormon sepanjang hidupnya.

Hal ini menjadi faktor risiko khusus yang menyebabkan terjadinya hipertensi dan komplikasi. Dan tidak dijumpai pada laki-laki.

BERITA TERKAIT

"Laki laki tidak hamil dan menopause. Perempuan berubah terus. Faktor risiko yang spesifik terjadi hipertensi. Masa awal hidup remaja, bisa sering terjadi. Tidak hanya orangtua, remaja bisa alami hipertensi," papar dr Siska lagi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas