Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Peranakan Turun pada Perempuan Bisa Dicegah

Prolaps suatu kondisi di mana organ panggul pada perempuan turun melalui liang vagina yang terjadi akibat kelemahan struktur penyokong panggul.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Peranakan Turun pada Perempuan Bisa Dicegah
SHUTTERSTOCK via tribun lampung
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Prolaps merupakan suatu kondisi di mana organ panggul pada perempuan turun melalui liang vagina yang terjadi akibat kelemahan struktur penyokong dasar panggul atau lebih dikenal dengan peranankan turun.

Urogin Departemen Obstetri dan Ginekologi, FKKMK UGM, Dr. dr. Nuring Pangastuti, Sp.OG(K) mengatakan, kondisi organ dasar panggul harus turun melalui vagina, bukan melalui yang lain.

"Jalan yang dilewati adalah vagina, jadi ini merupakan penyakit khusus pada perempuan,” papar Nuring dalam kegiatan bincang-bincang yang dikutip dari Youtube UGM.

Organ dasar panggul pada perempuan tersebut adalah rahim atau uterus, kandung kemih/uretra, dan saluran cerna bagian bawah/rektum.

Baca juga: Nyeri hingga Sakit saat Buang Air Kecil, Berikut Gejala Radang Panggul pada Perempuan

“Penyebabnya disebabkan oleh banyak faktor yang pada akhirnya akan menyebabkan kelemahan pada struktur penyokong organ dasar panggul pada perempuan. Secara umum faktor risik prolaps dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik,” paparnya.

Faktor intrinsik adalah faktor-faktor yang melekat pada diri seorang perempuan yang umumnya tidak bisa dilakukan intervensi dan tidak bisa diubah.

BERITA TERKAIT

Misalnya adalah struktur kolagen dari perempuan yang bersangkutan, faktor genetik, proses penuaan, dan menopause.

“Seorang perempuan yang mempunyai ibu kandung penderita prolaps, itu memiliki kemungkinan untuk menderita prolaps 4 kali lebih besar dibanding perempuan lain yang tidak mempunyai ibu penderita prolaps,” ucap Nuring.

Sementara, faktor ekstrinsik adalah faktor-faktor di luar tubuh perempuan yang bersangkutan dan lebih bisa dikendalikan, sehingga risiko untuk mengalami prolaps di kemudian hari bisa ditekan serendah mungkin.

Misalnya keputusan untuk melahirkan/jumlah persalinan, berat badan, berbagai macam hal yang menyebabkan terjadi peningkatan tekanan indra rongga perut dalam waktu yang lama (misalnya pasien asma dan batuk kronis), mengangkat beban berat dalam waktu yang lama, dan sebagainya.

Gejala

Nuring menjelaskan, gejala atau tanda-tanda prolaps terbagi menjadi empat karakteristik keluhan berdasarkan pada area dan organ yang terlibat.

Pertama, keluhan terkait gangguan berkemih. Keluhan ini muncul karena struktur penyangga di vagina bagian depan adalah berfungsi menyangga kandung kemih.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas