Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pakar Epidemiologi Anjurkan Pakai Masker Lindungi Diri dari Mongkeypox

Memakai masker berguna untuk menghindari penularan Mongkeypox karena ada potensi penularan dari saluran nafas bagian atas.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pakar Epidemiologi Anjurkan Pakai Masker Lindungi Diri dari Mongkeypox
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Petugas memeriksa sertifikat vaksin dan hasil antigen kepada penonton yang akan menyaksikan pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2022 di Hall Basket Senayan Jakarta, Sabtu (15/1/2022). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar epidemiologi Griffith University Dicky Budiman memaparkan update data terbaru klinik pasien Mongkeypox di Eropa.

Salah satu data mengemukakan adanya keluhan di saluran pernapasan atas. Termasuk di rongga mulut, ditemukan perlukaan yang akhirnya membuat pasien sulit menelan makan atau minuman.

"Salah satu pesan penting yang saat ini ingin saya sampaikan adalah artinya ada potensi penularan yang bisa terjadi dari droplet. Atau percikan dari pasien ini," ungkap Dicky pada Tribunnews, Selasa (31/5/2022).

Karena itu, hal yang penting dilakukan adalah memakai masker. Tujuannya untuk menghindari penularan Mongkeypox. Karena ada potensi penularan dari saluran nafas bagian atas.

Selain itu, penting juga untuk membiasakan mencuci tangan jika ada kontak dengan orang lain. Kebiasaan berbagi makanan perlu dihindari saat ini.

Baca juga: Thailand Laporkan Kasus Pertama Monkeypox, Penumpang yang Transit dari Eropa Disebut Alami Gejala

"Sekali lagi update terkahir juga tidak menjadi pandemik baru. Tapi berpotensi menjadi epidemi jelas ada. Dan apakah masuk Indonesia, sangat jelas juga. Tentu kita harus siap dengan lakukan deteksi dini," kata Dicky lagi.

Baca juga: 9 Kasus Kematian Akibat Monkeypox Tercatat di Kongo pada 2022

BERITA TERKAIT

Dicky juga menekankan perlunya menerapkan perilaku hidup yang lebih bersih. Serta menjaga tubuh tetap sehat, hal itu menjadi penting untuk dilakukan. 

Dia juga menyarankan agar melakukan penyiapan vaksin. Walau saat ini tidak dibutuhkan dalam jumlah besar, tapi setidaknya diperlukan skenario persiapan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas