Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Manfaat Pola Kerja Hybrid di Era Pasca-Pandemi

Pola kerja hybrid belakangan menjadi tran baru yang muncul untuk menyiasati situasi pandemi.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Manfaat Pola Kerja Hybrid di Era Pasca-Pandemi
Barco
Pola kerja hybrid belakangan menjadi tren baru yang muncul untuk menyiasati situasi pandemi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Situasi pandemi telah mengubah banyak hal dalam tatanan hidup, termasuk pola dan cara kerja masyarakat. Pola kerja hybrid belakangan menjadi tren baru yang muncul untuk menyiasati situasi tersebut.

Model hybrid, secara umum adalah pola kerja yang menggabungkan konsep kerja di kantor dan kerja jarak jauh dalam jadwal karyawan.

Stephen Conchie, Senior Vice President and Managing Director, Herbalife Nutrition Asia Pacific and China, menjelaskan, pola kerja ini mungkin terlihat berbeda untuk setiap perusahaan, tetapi ada satu kesamaannya.

Yakni ada kebutuhan yang lebih besar bagi pimpinan perusahaan untuk memprioritaskan kesejahteraan karyawan, karena mereka bekerja dengan beradaptasi di era new normal.

Dia mengatakan ada beberapa manfaat pola kerja secara hybrid.

Selain menjaga agar tenaga kerja yang lebih sehat, mengutamakan kesejahteraan karyawan, pola kerja Hybrid juga dapat mendorong tim yang terlibat dapat termotivasi, dengan kemampuan untuk mengatasi tantangan dan berkembang pasca-pandemi.

Baca juga: Rumah Subsidi Jauh dari Kantor Cocok Buat Pekerja WFH, tapi Ada Syaratnya

“Selama dua tahun terakhir, kami telah menguji dan belajar dari berbagai inisiatif dan kebijakan tempat kerja yang diterapkan di seluruh pasar Asia Pasifik untuk beradaptasi dengan perubahan pengaturan kerja secara hybrid. Kami telah mengkurasi beberapa tips utama berdasarkan pengalaman ini,” kata Stephen Conchie dikutip dari Grid.id, dikutip Kamis (9/6/2022).

Stephen Conchie
Stephen Conchie, Senior Vice President and Managing Director, Herbalife Nutrition Asia Pacific and China
BERITA TERKAIT

Memprioritaskan Pengembangan Komunitas di Lingkungan Kerja

Stephen menyebut, perusahaan lebih dari sekadar bisnis, organisasi ini juga harus berfungsi sebagai komunitas.

Namun, pengaturan kerja hybrid dan jarak jauh dapat menyulitkan para pimpinan untuk membangun budaya tempat kerja yang hebat dan bagi karyawan untuk membina hubungan kerja dan rasa memiliki yang lebih kuat.

Untuk mempromosikan pembangunan komunitas dalam lingkungan kerja hybrid, perusahaan dapat mempertimbangkan untuk mendesain ulang ruang kantor sebagai pusat kolaborasi dan pembangunan komunitas, yang kondusif untuk kolaborasi tim dan rekan kerja lainnya.

Baca juga: Kembali WFH dan Harus Meeting Virtual Lagi? Biar Lancar Coba Praktikan 7 Tips Ini

"Pimpinan dan kepala divisi human resource juga dapat merancang program yang akan membantu membina hubungan antar dan intra-tim yang lebih baik, seperti membuat suatu tantangan bertema kebugaran dan kesehatan atau kegiatan kelompok yang mempromosikan interaksi dan ikatan yang lebih baik," ujarnya.

Baca juga: 5 Cara Mengubah Tampilan Kamar Lebih Menyenangkan untuk WFH

"Mereka juga dapat mengatur saluran bagi karyawan untuk menjangkau pekerjaan dan dukungan terkait pengembangan pribadi, yang akan membantu karyawan merasa seperti mereka adalah bagian dari komunitas dan dipandu dengan tepat dalam perjalanan karier mereka dengan perusahaan," kata dia.

Dukungan Nutrisi dan Kesehatan

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas