Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Australia Mulai Suntikkan Vaksin Dosis Keempat karena Ancaman Varian Baru Omicron

Pemerintah Australia akan menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat kepada warganya mulai pekan depan karena lomnjakan kasus baru Omicron.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Australia Mulai Suntikkan Vaksin Dosis Keempat karena Ancaman Varian Baru Omicron
NATIONAL INSTITUTE OF INFECTIOUS DISEASES/VIA KYODO/JAPAN TIMES
Varian Omicron dari Coronavirus berdasar hasil pengamatan dari mikroskop. Pemerintah Australia akan menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat kepada warganya mulai pekan depan karena lomnjakan kasus baru Omicron. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SYDNEY – Pemerintah Australia akan menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat kepada warganya mulai pekan depan di tengah meningkatnya kasus infeksi Covid-19 subvarian Omicron baru BA.4 dan BA.5.

Subvarian baru saat ini telah menjadi jenis virus corona yang dominan di beberapa negara.

Para ahli pandemi memperingatkan jenis varian baru Omicron ini mendorong lebih banyak orang mendapat perawatan di rumah sakit karena penyebarannya lebih cepat daripada varian virus corona lainnya.

Dikutip dari Reuters, Jumat (8/7/2022) New South Wales, negara bagian terpadat di Australia, telah memasuki gelombang infeksi baru yang didorong oleh varian BA.4 dan BA.5.

Sementara itu, di negara bagian Victoria, infeksi varian baru Omicron ini telah menjadi strain dominan.

"Pandemi belum berakhir, kita memasuki gelombang ketiga yang memberikan tekanan besar pada sistem kesehatan dan rumah sakit kita," kata Mark Butler, Menteri Kesehatan Australia.

BERITA REKOMENDASI

Sekitar 4.000 orang saat ini sedang mendapat perawatan di rumah sakit akibat infeksi varian baru Omicron. Jumlah ini merupakan yang terbesar sejak awal Februari tahun ini.

Baca juga: Menkes Sebut Indonesia Jauh Lebih Baik dari Negara Lain dalam Hadapi Kasus Omicron BA.4 dan BA.5

“Mulai pekan depan, semua orang yang berusia di atas 30 tahun dan memenuhi syarat akan mendapat suntikan vaksin dosis keempat.” kata Butler.

Setelah sebagian besar menahan virus melalui pembatasan kegiatan yang ketat dan penguncian awal di awal pandemi, Australia mulai hidup dengan virus akhir tahun lalu melalui pelonggaran pembatasan.

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 Naik 18 Persen Hampir di Seluruh Dunia, Sebagian Besar Dipicu Subvarian Omicron

Sebuah survei yang dilakukan oleh Universitas Nasional Australia menunjukkan anak muda Australia telah mengalami penurunan kepuasan hidup terbesar di antara semua warga negara selama dua tahun pertama pandemi Covid-19.

Pada hari rabu (6/7) Australia membatalkan aturan yang mengharuskan pelancong internasional menunjukkan status vaksinasi Covid-19 mereka, sekaligus menandai berakhirnya pembatasan besar lainnya.

Baca juga: Total Kasus Covid-19 Varian Omicron BA.5 di Depok Ada 4 Pasien 

Australia menjadi salah satu negara yang telah memberikan vaksin dosis kedua kepada 95 persen penduduk di atas 16 tahun. Sedangkan lebih dari 70 persen penduduk telah mendapat suntikan dosis ketiga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas