Tribun Kesehatan

Kesehatan

Makanan Penurun Kolesterol: Oatmeal, Terong, Apel hingga Kacang-kacangan

Makanan yang dapat menurunkan kolesterol antara lain oatmeal, terong, apel, anggur hingga kedelai, simak inilah penjelasannya.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Miftah
zoom-in Makanan Penurun Kolesterol: Oatmeal, Terong, Apel hingga Kacang-kacangan
agelessforever
Kolesterol - Jika Anda merupakan penderita kolesterol, sebaiknya mulailah melakukan perubahan gaya hidup. Berikut makanan yang dapat menetralisir atau menurunkan kolesterol. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini makanan yang dapat menetralisir atau menurunkan kolesterol.

Makanan olahan dari daging dan santan dapat memancing kolesterol.

Jika Anda merupakan penderita kolesterol, sebaiknya mulailah melakukan perubahan gaya hidup.

Dokter umum di RSUD Pandan Arang, Boyolali, dr Fiarry Fikaris, mengatakan bahwa cara yang paling utama adalah mengatur pola makan.

"Makanlah seperti porsi normal sehari-hari dan jangan berlebihan, konsumsi camilan serta minuman manis juga harus dibatasi dan jangan terlalu banyak."

"Selain itu pemilihan makanan juga penting, jangan pilih makanan yang terlalu tinggi kadar kolesterolnya," ujar Fiarry Fikaris.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan: Mencegah Diabetes hingga Kolesterol Tinggi

Sementara itu, bagi orang yang kadar kolesterolnya selalu tinggi dan sudah berobat ke dokter, boleh mengonsumsi obat dari dokter.

Kemudian untuk orang yang sehat, bisa mulai mengonsumsi makanan seperti oatmeal, terong, apel, anggur, kedelai, dan ikan laut.

"Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti oatmeal, terong, apel, anggur, kedelai, dan ikan laut, karena makanan tersebut terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol," ungkap Fiarry.

Fiarry menambahkan, adapun makanan yang harus dihindari bagi penderita kolesterol yaitu makanan laut, kecuali ikan, kemudian jeroan, bebek, santan hingga makanan yang berminyak.

Makanan Penurun Kolesterol

1. Oatmeal

Mengutip dari Harvard Health Publishing, Oat mengandung serat larut yang berperan untuk mengelola dan menurunkan kadar kolesterol.

Anda sebaiknya mengonsumsi oat saat sarapan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas