Tribun Kesehatan

Risiko Riwayat Hipertensi Pada Ibu Hamil dan Bayi

Ibu hamil dengan riwayat penyakit hipertensi harus memperhatikan pola makan, olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara berkala. 

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Risiko Riwayat Hipertensi Pada Ibu Hamil dan Bayi
Pixabay/StockSnap
Ibu hamil dengan riwayat penyakit hipertensi harus memperhatikan pola makan, olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara berkala.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat sedang mengandung sang buah hati, banyak yang harus diperhatikan oleh sang ibu hamil seperti pola makan, olahraga dan pemeriksaan kesehatan secara berkala. 

Hal ini penting dilakukan terutama pada ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit hipertensi. Jika tidak diperhatikan, akan memberikan dampak yang tidak baik pada ibu dan janin. 

Menurut dokter spesialis penyakit dalam prof. dr. Zubairi Djurban, Sp.PD, ada beberapa bahaya dari hipertensi, khususnya pada ibu hamil.

"Untuk ibu bisa menyebabkan gangguan pembekuan darah. Namun juga bisa menyebabkan ibu kejang, kemudian gangguan pada ginjal dan lainnya," ungkap Zubairi pada akun Instagram miliknya, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Tips dr Boyke Buat Ibu Hamil dan Menyusui Saat Memilih Skincare

Sedangkan untuk bayi, dapat menganggu peredaran darah. Sehingga pertumbuhan bayi jadi terganggu. Dan paling berat komplikasi bayi dan ibu juga bisa berakhir pada kematian. 

Baca juga: Olahraga Bagus untuk Kehamilan, Catat 5 Aplikasi Olahraga Khusus Ibu Hamil Ini

Karena itu, Zubairi mengingatkan pada ibu hamil untuk selalu kontrol ke dokter terkait. Buka komunikasi dengan dokter kandungan maupun penyakit dalam yang bersama-sama menangani hipertensi

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas