Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Saat Anak Sakit, Harus Dibawa Ke Dokter Mana?

Solusi ketika anak sakit bisa dibawa ke Layanan Unggulan Anak di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dengan dokter yang terspesialisasi di bidangnya

Editor: Content Writer
zoom-in Saat Anak Sakit, Harus Dibawa Ke Dokter Mana?
Istimewa
Layanan unggulan Pediatri (Anak) dengan subspesialis lengkap tersedia di Mayapada Hospital 

TRIBUNNEWS.COM - Kadang kita sebagai orangtua sering merasa bingung bila anak sakit, sebaiknya dibawa ke dokter siapa dan di bagian apa. Tidak jarang bertanya kepada kerabat maupun teman yang mempunyai kasus penyakit yang sama agar mendapatkan referensi. Yang harus diketahui oleh orang tua adalah dewasa ini jenis penyakit anak sudah banyak yang kompleks serta membutuhkan dokter anak dengan subspesialis yang khusus. Yang belum banyak diketahui para orang tua adalah penanganan penyakit anak dan dewasa, sangatlah berbeda.

Walaupun jenis penyakitnya sama, seperti contoh diare, flu, sakit perut, ataupun masalah jantung, gejala pada anak dan dewasa berbeda serta penanganannya pun bisa berbeda. Penyakit yang umumnya ditemukan pada orang dewasa, mulai bergeser ditemukan mulai dari kanak-kanak dan remaja. Hal ini menunjukkan bahwa penyakit anak kian kompleks dan perlu penanganan yang khusus dan komprehensif agar dapatkan hasil maksimal dan penanganan yang tepat.

Sebagai contoh kasus, seorang anak mengalami keluhan awal bengkak dan nyeri sendi tanpa ada riwayat cedera sebelumnya, setelah diperiksa secara mendalam oleh dokter spesialis anak, ternyata bengkak dan nyeri tersebut merupakan gejala dari gangguan imunologi anak sehingga dalam penanganannya dokter tersebut berkolaborasi dengan dokter spesialis anak dengan subspesialis Alergi & Imunologi Anak. Oleh karena kebutuhan penanganan kasus anak yang kompleks dan terus berkembang, Pediatric Center Mayapada Hospital hadir dengan pendekatan multi-subspesialisasi untuk membantu para orang tua memenuhi kebutuhan anak yang spesifik agar dapatkan perawatan yang tepat sehingga meminimalisir resiko komplikasi yang tidak diinginkan. Saat ini Mayapada Hospital memiliki 56 dokter anak, 34 diantaranya adalah subspesialis khusus Anak. Kami memiliki Konsultan Hati & Saluran Cerna Anak yaitu DR.dr. Eva Jeumpa Soelaeman, Sp.A(K) dan dr.Nuraini Irma Susanti, Sp.A(K), selain itu Konsultan Paru & Pernapasan ditangani oleh dr.Madeleine Ramadhani Jasin Sp.A(K). Ada dr.Harun Wijaya, Sp.A(K) hadir untuk menangani masalah Alergi dan Imunologi pada anak. Sedangkan untuk permasalahan anak yang rumit dan membutuhkan penanganan khusus seputar Tumor, Kanker & Kelainan Darah Anak, orang tua bisa berkonsultasi dengan dr. Sri Mufti Ardani Fita Moeslichan, Sp.A dan DR.dr.Aulia Fitri Swity, Sp.A(K). Disamping itu, Mayapada Hospital juga dilengkapi dengan Konsultan Mata Anak dan seputar spektrum permasalahannya. Selain itu, terdapat juga Konsultan Saraf Anak dan Konsultan Kegawatdaruratan & Perawatan Intensif untuk kasus-kasus yang membutuhkan penanangan intensif. Untuk permasalahan Jantun pada anak, Mayapada Hospital mempunyai Konsultan Jantung dan Kelainan Anak, ditunjang oleh Konsultan Bedah Jantung dan Bedah Umum Anak bagi kasus yang memerlukan tindakan pembedahan. Terdapat juga Konsultan Infeksi tropik khusus untuk penyakit tropik dan Konsultan kasus-kasus pada bayi baru lahir atau neonatal, hingga Konsultan Gigi Anak. Untuk lebih lengkapnya dapat mengunjungi www.mayapadahospital.com atau menghubungi call center Mayapada Hospital di 150770.

Dr.Benny H. Tumbelaka, Sp.OT, MHKes, MARS, selaku Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan mengatakan, "Layanan Unggulan Anak di Mayapada Hospital Jakarta Selatan, merupakan layanan yang komprehensif, terintegrasi di dukung oleh tim multi subspesialis yang ahli di bidangnya serta fasilitas yang lengkap untuk menunjang diagnosa. Tim dokter anak Mayapada Hospital terdiri dari Konsultan bayi baru lahir, kegawatdaruratan & perawatan intensif anak, saraf, jantung, mata anak, paru dan pernapasan, penyakit infeksi tropik, bedah, hati dan saluran cerna, bahkan Mayapada Hospital juga memiliki dokter khusus yang dapat menangani kasus rumit dan kompleks seperti kanker dan kelainan darah, disamping alergi imunologi, hingga gigi anak. Layanan ini di desain dan dibangun senyaman mungkin untuk mengakomodir kebutuhan ibu dan anak, serta memberikan perasaan aman dan nyaman, sehingga anak, orang tua dan pendamping merasa nyaman ketika menjalankan proses perawatan kesehatan selama di rumah sakit.”

“Mengapa kami memiliki multisubspesialis yang lengkap di bagian Pediatri (Anak)? Karena kami paham kekhawatiran orang tua dalam menghadapi anak yang sakit serta ingin memberikan perawatan yang terbaik dan tepat pada buah hati. Kami juga paham kompleksitas penyakit anak apabila tidak ditangani dengan tepat dan baik, dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Layanan unggulan Pediatri (Anak) dengan subspesialis lengkap juga tersedia di semua unit Mayapada Hospital. Selain itu, juga tersedia ruang tunggu poli yang luas, menarik dan nyaman, ruang laktasi untuk Ibu menyusui, pojok bermain anak untuk mengeksplor kreativitasnya, serta sistem administrasi terintegrasi yang berada dalam ruang yang sama dengan Pediatri Center tersebut, sehingga orang tua merasa aman dan nyaman dalam mendampingi buah hati sepanjang proses perawatan di Mayapada Hospital. Layanan Pediatri (Anak) ini juga terpisah dari gedung perawatan Covid-19 dan didisinfeksisecara berkala setiap harinya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas