Tribun Kesehatan

Ketahui Manfaat Kolagen Bagi Tubuh dan Cara Pemenuhannya

Berikut penjelasan terkait manfaat kolagen bagi tubuh dan cara pemenuhannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Ketahui Manfaat Kolagen Bagi Tubuh dan Cara Pemenuhannya
Tribunnews.com/Aisyah Nursyamsi
Konferensi pers Nutriville sekaligus pemaparan manfaat kolagen bagi tubuh di Grand Indonesia Jakarta, Kamis (19/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kolagen punya banyak manfaat bagi tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein struktural utama dalam jaringan ikat kulit.

Sekitar 30 persen kolagen terdiri dari protein dalam tubuh. Kandungan kolagen dibutuhkan pada rambut, tendon, tulang rawan, tulang dan khususnya pada kulit.

Fungsi kolagen pada kulit adalah menyediakan komponen building blocks untuk kulit. Selain itu juga mengikat reseptor di fibroblas yang terletak pada lapisan dermal. Tujuannya untuk merangsang sintesis kolagen serta asam hialuronat.

Kehadiran kolagen pun dapat menjaga rambut tetap bersinar, kulit tetap kencang dan halus, serta kuku yang kuat. Namun faktanya, kemampuan tubuh manusia memproduksi kolagen menurun drastis seiring bertambah usia.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor eksternal dari gaya hidup. Seperti merokok, kurang tidur, kurang gizi, paparan sinar matahari, dan lainnya.

Baca juga: Kenali Gejala Kurangnya Kolagen Dalam Tubuh, Penting untuk Hambat Penuaan

Berakibat berkurangnya kuantitas dan kualitas elastin dan kolagen pada daerah dermis. Sehingga membuat kekenyalan kulit menurun, bertambahnya kerutan, hilangnya elastisitas, dan perubahan warna kulit.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memenuhi kebutuhan kolagen. Salah satunya bisa dengan mengonsumsi minuman kolagen.

Menurut Nutritionist and Health Expert dr. Yohan Samudra, Sp.GK di Grand Indonesia, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa asupan minuman kolagen dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen pada tubuh.

"Pada penggunaan 2,5 g kolagen peptide setiap hari, selama 60 - 90 hari dapat membantu memperbaiki hidrasi dan elastisitas pada kulit. Serta mengurangi kerutan, meningkatkan bioaktivitas fibroblast dan sintesis kolagen," ungkapnya pada konferensi pers Nutriville di Gran Indonesia Jakarta, Kamis (19/8/2022).

Selain itu mencukupi kebutuhan kolagen dapat melindungi fungsi sel dari efek berbahaya UVA. Serta menyehatkan saluran pencernaan, hingga dapat memperbaiki kondisi sarcopenia, radang sendi, penyembuhan luka, dan menambah imun tubuh.

Pentingnya pemenuhan Kolagen membuat PT Asia Health Energi Beverage (AHEB) resmi meluncurkan NutriVille. Minuman kolagen terbaru, yang membantu dukung kesehatan kulit dan tubuh.

NutriVille menggandeng bintang besar dari Korea Selatan, Son Ye Jin, sebagai Brand Ambasador agar dapat menginspirasi banyak wanita Indonesia dalam merawat diri.

Baca juga: Ini Manfaat Suplemen Kolagen Buat Kecantikan Kulitmu

NutriVille memilih Son Ye jin menjadi Brand Ambasador karena reputasi baik aktris cantik itu dalam menerapkan gaya hidup sehat yang holistik dalam merawat diri.

Son Ye Jin sangat menginspirasi banyak fans wanitanya untuk hidup sehat. Konsistensi kesuksesan karirnya selama hampir 2 dekade berkarya sama dengan konsiten kecantikannya walau bertambah usia.

Son Ye Jin merupakan personifikasi dari NutriVille yang ingin mengajak wanita Indonesia untuk rajin merawat diri sehingga dapat selalu percaya diri dan berkarya.

NutriVille hadir karena memahami pada usia tertentu banyak wanita mulai khawatir dengan penampilan kulit yang menurun seperti kerutan dan kusam.

"Proses penuaan memang tidak bisa dihindari, namun bisa diperlambat prosesnya dengan gaya hidup yang tepat. Sekarang semua wanita Indonesia bisa merasakan manfaat NutriVille setiap hari untuk jaga penampilan kulit mereka,” papar Chief Marketing Officer PT AHEB, Ricky Suhendar.

Satu kaleng NutriVille mengandung 500 mg kolagen yang aman dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kulit tetap kenyal dan awet muda.

Terdapat juga kandungan Vitamin C sebanyak 90 mg yang berfungsi untuk percepat penyerapan kolagen di kulit. Kandungan kalori pada NutriVille juga rendah yaitu hanya 45 kkal per kaleng. Selain itu juga menggunakan kemasan dapat didaur ulang, menjadikannya ramah lingkungan.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas