Tribun Kesehatan

9 September Hari Olahraga Nasional, Ini Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jiwa

Berikut uraian manfaat olahraga bagi kesehatan jiwa yang diungkap dokter spesialis olahraga Michael Triangto, Sp.KO.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in 9 September Hari Olahraga Nasional, Ini Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Jiwa
Freepik
ilustrasi olahraga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Setiap tanggal 9 September diperingati sebagai hari Olahraga Nasional.

Berikut uraian manfaat olahraga bagi kesehatan jiwa yang diungkap dokter spesialis olahraga Michael Triangto, Sp.KO.

Dokter olahraga yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Kemayoran ini mengatakan, olahraga baik untuk kesehatan tubuh seperti jantun, paru, tulang, otot, sendi, keseimbangan hormonal, metabolisme, koordinasi gerak, keseimbangan dan keterampilan gerak juga untuk kesehatan jiwa.

Baca juga: 14 Cabor DBON Bakal Lakukan Atraksi Mewarnai Perayaan Haornas 2022 di Stadion Batakan

"Gangguan pada sektor kejiwaan seperti stres dapat menimbulkan gangguan tidur, irritable, mudah marah dan manifestasinya adalah jantung berdebar-debar, nafas cepat, tekanan darah meningkat," ujar dia kepada wartawan, Jumat (9/9/2022).

Kondisi ini disebabkan meningkatnya aktivitas hormon cortisol dan adrenalin yg membuat terjaga dan menceruskan proses inflamasi sistemik yang merupakan awal kemunculan berbagai penyakit hipertensi, diabetes melitu, atherosclerosis dan lain-lain.

Selain itu keluhan seperti sakit pada tengkuk, nyeri pada otot bahkan gangguan mood dapat mengganggu konsentrasi dan produktivitas kerja.

"Olahraga dengan dosis tepat dapat mengatasi stress dengan menekan kerja hormon cortisol dan adrenalin," urai dokter Michael.

Baca juga: Peringatan HKJS 2021: Wujudkan Kesetaraan Kesehatan Jiwa Menuju Indonesia Sehat dan Tangguh

Pada saat yang sama olahraga dapat merangsang produksi hormon Endorphin yang merupakan natural pain killer dan membuat seseorang yang biasa berolahraga ingin terus berolahraga.

Manfaat lain olahraga adalah mengatasi gangguan mental.

Tentunya tidak harus berat dan hal ini ditunjukkan dengan olahraga yoga, tai chi, meditasi dengan pengaturan nafas mampu memperbaiki denyut jantung dan menurunkan tekanan darah secara cepat.

Olahraga juga akan menghilangkan rasa lelah dan membantu mengatasi gangguan tidur.

Juga meningkatnya rasa percaya diri karena memang lebih mampu ataupun karena hasil yang sudah diperoleh dari berolahraga juga akan memperbaiki mood yang bersangkutan.

“Apakah olahraga dapat membantu kesehatan jiwa ?, tentu benar. Selama tujuan olahraga tersebut jelas dan diperuntukkan bagi kesehatan tubuh baik fisik, mental dan sosial secara menyeluruh," kata dia.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas