Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Produk Mie Sedaap yang Mengandung Etilen Oksida Tidak Masuk Malaysia

Kementerian Kesehatan Malaysia sebut 2 produk Mie Sedaap asal Indonesia yang diduga mengandung pestisida, etilen oksida (EtO) belum masuk pasar mereka

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Produk Mie Sedaap yang Mengandung Etilen Oksida Tidak Masuk Malaysia
MenLHK
Apa Itu Etilen Oksida? Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) menyebut dua produk Mie Sedaap asal Indonesia yang diduga mengandung pestisida, etilen oksida (EtO) belum masuk pasar negara tersebut.  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) menyebut dua produk Mie Sedaap asal Indonesia yang diduga mengandung pestisida, etilen oksida (EtO) belum masuk pasar negara tersebut. 

Direktur Jenderal Kesehatan Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan dalam keterangan tertulisnya bahwa KKM mengetahui informasi adanya etilen oksida pada dua produk Mie Sedaap yang diproduksi di Indonesia melalui pemberitaan media.

Adapun dua produk itu adalah Mi Sedaap Korean Spicy Chicken Instant Noodles dengan tanggal kedaluwarsa 21 Mei 2023 dan Mi Sedaap Korean Spicy Soup Instant Noodle dengan tanggal kedaluwarsa 17 Maret 2023. 

"Food Safety Information System of Malaysia (FoSIM) mengkonfirmasi produk dengan tanggal kedaluwarsa seperti yang tercatat tidak masuk ke Malaysia," katanya dalam sebuah pernyataan dikutip Sabtu (8/10/2022). 

Sebelumnya, produk Indonesia itu telah ditarik dari pasar Singapura serta Hong Kong.

Dr Noor Hisham mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan akan terus memantau pasar dan memberlakukan tindakan Tahan, Uji dan Lepas (TUL) di semua titik masuk di negaranya. 

Untuk informasi atau permasalahan terkait, konsumen dapat menghubungi Dinas Kesehatan daerah terdekat, melalui website http://moh.spab.gov.my atau Facebook Bagian Keamanan dan Mutu Pangan (BKKM).

BERITA TERKAIT

Wings Group Buka Suara

Wings Group buka suara terkait penarikan dua produk Mie Sedaap di Singapura dengan dugaan mengandung Etilen Oksida (EtO).

Adapun produk Mie Sedaap yang ditarik di Singapura adalah Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken.

"Mie Sedaap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen. Dari seluruh lini proses dan produksi, Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujar Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil dalam keterangan resmi yang diterima Jumat (7/10/2022).

Berikut pernyataan lengkap dari Wings Group.

Berkenaan dengan publikasi yang beredar mengenai produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken, dengan ini kami ingin menyampaikan bahwa:

1. Mie Sedaap selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi konsumen. Dari seluruh lini proses danproduksi, Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhistandar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Sesuai dengan klarifikasi BPOM tertanggal 29 September 2022 di situs resmi BPOM, produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan yang ada.

2. Mie Sedaap diproduksi dengan menaati regulasi dari badan terkait untuk memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku, di antaranya :
a. Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia
b. Sertifikat Halal (MUI)
c. Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan
d. Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

3. Produk Mie Sedaap juga telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir dan telah memenuhi standar wajib ekspor, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan
produk. Upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap yang sudah diproduksi dan beredar hampir 20 tahun di Indonesia.

Semoga pernyataan yang kami sampaikan dapat memberikan kejelasan atas informasi yang beredar. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas