Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Peringati Hari Gizi Nasional, e-Commerce Ini Ungkap Fakta Soal Tren Makanan Kekinian nan Bergizi

Tepat pada tanggal 25 Januari 2023 kemarin, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-63. 

BizzInsight
zoom-in Peringati Hari Gizi Nasional, e-Commerce Ini Ungkap Fakta Soal Tren Makanan Kekinian nan Bergizi
Istimewa
Kegiatan Diskusi ‘Tokopedia dan Ahli Gizi Bicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat’ digelar Selasa (24/1/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tepat pada tanggal 25 Januari 2023 kemarin, Indonesia memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) yang ke-63. 

Peringatan Hari Gizi Nasional dilakukan setiap tahun ini dalam rangka mendorong masyarakat untuk lebih peduli terhadap pentingnya memenuhi asupan gizi seimbang agar kesehatan pun terus terjaga. 

Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, Hari Gizi Nasional 2023 mengangkat tema ‘Protein Hewani Cegah Stunting’. Tema ini bermaksud menjadi sebuah ajakan kepada masyarakat untuk bergotong-royong mencegah stunting pada pertumbuhan bayi dan anak. 

Ikut meramaikan peringatan Hari Gizi Nasional tahun ini, salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, yaitu Tokopedia mengadakan diskusi bertajuk ‘Hari Gizi Nasional 2023, Tokopedia dan Ahli Gizi Bicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat’ pada Selasa (24/1/2023).

Salah satu pembicara dalam acara bincang-bincang tersebut adalah Dokter Gizi dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, yang membagikan tiga tips mudah bagi masyarakat untuk menerapkan pola gizi seimbang berikut ini.

1) Manfaatkan sumber bahan pangan lokal

Menurut dr. Juwalita, masyarakat harus mengutamakan sumber bahan pangan lokal yang terdapat di sekitar kita. 

BERITA TERKAIT

“Berdayakan dahulu sumber bahan makanan yang ada di sekitar kita dan mudah dicari sehari-hari. Banyak sekali sumber karbohidrat yang mudah ditemukan di Indonesia selain nasi, misalnya umbi-umbian atau makanan berbahan singkong,” jelas dr. Juwalita.

Contoh sumber pangan lokal yang bisa dimanfaatkan masyarakat adalah modified cassava flour (mocaf) bebas gluten. Bahan makanan sehat ini sudah digunakan oleh berbagai UMKM makanan sehat lokal, lho!

2) Seimbangkan asupan sayur dan buah

Lebih lanjut, dr. Juwalita juga mengimbau masyarakat untuk memerhatikan asupan serat, terutama dari sayur dan buah. 

“Agar pola makan lebih seimbang, perhatikan asupan serat terutama dari sayur dan buah. Batasi gula, garam dan minyak, serta rajin memantau berat badan. Pastikan mengonsumsi makanan dalam kadar seimbang, yakni antara sumber energi, lauk pauk, sayuran dan buah,” tambah dr. Juwalita.

3) Perbanyak konsumsi protein

Sesuai dengan tema Hari Gizi Nasional 2023, masyarakat memang disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein, baik yang berasal dari sumber hewani ataupun nabati. 

Melansir dari Kemenkes RI, standar angka kecukupan protein bagi masyarakat Indonesia adalah 60 gram per hari untuk perempuan dan 65 gram per hari bagi laki-laki. 

“Protein diperlukan tubuh untuk mengganti sel-sel yang rusak. Indonesia terkenal dengan sumber protein nabati, mulai dari tahu, tempe, kacang-kacangan dan lain-lain,” tutup dr. Juwalita.

Itulah tiga tips dari Dokter Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK yang bisa diterapkan dalam pola makan sehari-hari. 

Makanan dan minuman sehat makin dicari masyarakat

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan pola makan yang seimbang, Tokopedia melihat bahwa makanan dan minuman (makmin) sehat pun jadi makin diburu oleh masyarakat. 

Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, tren tersebut membuat berbagai jenis makmin sehat menjadi beberapa produk paling laris di Tokopedia tahun lalu.

“Jus lemon, biji-bijian seperti chia, granola, madu hingga sereal menjadi beberapa makanan dan minuman sehat yang paling laris di Tokopedia sepanjang 2022,” ucapnya.

Tokopedia sendiri memang memiliki sebuah kampanye bernama Tokopedia Nyam! yang bertujuan membantu pegiat usaha dari seluruh penjuru Indonesia, khususnya UMKM makmin sehat lokal, agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas. 

Untuk mendekatkan para penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada, Ekhel juga menyatakan inisiatif Hyperlocal terus digencarkan oleh Tokopedia. 

“Contoh manifestasinya, ada Kumpulan Toko Pilihan (KTP) untuk membantu UMKM memperluas jangkauan pasar di dalam kota dan sekitarnya. Selain itu, ada Dilayani Tokopedia agar UMKM bisa menjangkau pembeli di luar kota,” jelas Ekhel.

“Ada pula fitur Bagikan Alamat yang memungkinkan masyarakat mengirim hampers, termasuk hampers makmin sehat, dengan lebih mudah melalui aplikasi Tokopedia sehingga tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual,” tambahnya. 

Lewat berbagai inisiatif tersebut, Tokopedia sudah mencatat berbagai temuan menarik seputar makmin sehat di sepanjang 2022. Daerah-daerah seperti Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), Tabanan (Bali), Dumai (Riau) dan Buleleng (Bali) menjadi wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi makmin sehat paling tinggi.

Di sisi lain, wilayah-wilayah dengan peningkatan penjual makmin sehat paling tinggi ada di Kotawaringin (Kalteng), Lampung Timur (Lampung), Indragiri Hulu (Riau), Bukittinggi (Sumbar) dan Musi Banyuasin (Sumsel). 

Bengkalis (Riau), Lampung Tengah (Lampung), Demak (Jateng), Kubu Raya (Kalbar) dan Buleleng (Bali) juga tercatat sebagai wilayah yang mengalami lonjakan pembeli makmin sehat paling tinggi pada tahun 2022.

Dua UMKM dengan makanan sehat dan bergizi di Tokopedia

Di Tokopedia, masyarakat bisa menemukan dua UMKM lokal yang senantiasa mendukung tren mengonsumsi makmin sehat, yakni Loka Padang (Jakarta) dan Rumah Mocaf (Banjarnegara). 

Loka Padang merupakan rumah makan dengan konsep Nusantara yang menyajikan berbagai jenis makanan berbahan nabati atau vegan.

Berdiri sejak 2018, pendiri Loka Padang Irene Umar mengaku saat membangun Loka Padang, dirinya hanya berbekal modal minim dan pengalaman yang belum mendalam dan luas. Kini, sepanjang 2022, jumlah transaksi toko Loka Padang naik hingga 2 kali lipat dibandingkan 2021. 

“Kami menggandeng ahli gizi internal untuk memastikan seluruh makanan Loka Padang tetap sehat dan bergizi dengan tidak menggunakan MSG, perasa, pewarna dan pengawet,” jelasnya.

Sementara itu Rumah Mocaf yang didirikan oleh Riza Azyumarridha Azra menghadirkan berbagai jenis makanan sehat dari tepung singkong atau modified cassava flour (mocaf) bebas gluten. Di Rumah Mocaf, bahan ini diolah menjadi berbagai makanan yang lebih sehat, seperti mie, cookies dan masih banyak lagi.

Rumah Mocaf pertama kali dirintis sebagai program pemberdayaan petani singkong di Banjarnegara, Jawa Tengah pada 2014 silam. Kemudian, Rumah Mocaf berkembang menjadi industri berbasis sociopreneur sejak 2017 lewat kolaborasi dengan ratusan petani. 

Riza mengaku bahwa dirinya tergerak untuk memanfaatkan kanal digital Tokopedia agar produk para petani singkong bisa dijangkau oleh masyarakat luas. 

“Berkat Tokopedia, produk Rumah Mocaf yang dipasarkan dengan merek Mocafine bisa dikenal lebih banyak masyarakat. Bahkan jumlah transaksi toko bisa naik 25 kali lipat di 2022,” pungkas Riza.

Ingin menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang? Yuk, saatnya coba berbagai makanan dan minuman sehat nan kekinian yang bisa ditemukan di Tokopedia!

Editor: Anniza Kemala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas