Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Bikin Konsentrasi Anak Belajar, Sarapan Bisa Mencegah Obesitas 

Menu sarapan perlu memperhatikan kandungan gizi yang seimbang, menu sarapan harus mengandung sumber energi dan serat yang cukup.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
zoom-in Bikin Konsentrasi Anak Belajar, Sarapan Bisa Mencegah Obesitas 
Shutterstock
ilustrasi menu sarapan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sarapan dinilai sangat penting untuk anak karena dapat membekali tubuh zat gizi yang diperlukan untuk bisa berpikir, belajar, dan melakukan aktivitas fisik secara optimal.

Apalagi untuk memulai aktivitas kita sehari-hari kita harus membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

"Jika anak-anak ingin proses belajarnya penuh konsentrasi, di pagi hari harus selalu sarapan,” ucap nutrisionis Nazhif Gifari, S.Gz, MSi kepada wartawan, Selasa (21/2/2023).

Sarapan juga bermanfaat mencegah dehidrasi setelah puasa sepanjang malam, menstabilkan glukosa darah, mencegah hipoglikemia, mencegah obesitas, meningkatkan fungsi kognitif, dan meningkatkan semangat belajar dan aktivitas anak.

Lantas menu sarapan yang tergolong ideal?

Baca juga: Resep Sup Ayam Suwir, Cocok Jadi Menu Sarapan Berkuah yang Lezat

Menurut Nazhif, dalam menu sarapan perlu memperhatikan kandungan gizi yang seimbang, menu sarapan harus mengandung sumber energi dan serat yang cukup.

BERITA REKOMENDASI

Juga diperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI tentang pembatasan asupan gula, garam, lemak (GGL), agar terhindar dari masalah kesehatan seperti penyakit degeneratif.

Pada pemaparannya, Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si juga membagikan tips sarapansehat yang bisa dipraktekan sehari-hari yakni buat menu sarapan praktis selama 1 minggu, siapkan bahan-bahan untuk menu sarapan di malam hari.

Pastikan bahan makanan mengandung zat gizi seimbang.

Grant Senjaya, Head of Public Relation Department Ajionomo mengatakan, selain obesitas, stunting masih menjadi salah satu permasalahan kesehatan serius di Indonesia.

Risiko stunting tersebut dapat dicegah, salah satunya lewat sarapan bergizi.

"Sarapan sangat penting untuk kesehatan tubuh, apalagi untuk anak-anak – sarapan sangat memengaruhi pola hidup dan tumbuh kembang mereka," katanya.

 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas