Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Mengenal Kapsul Endoskopi untuk Diagnosis Penyakit Dalam Usus Halus

Kapsul endoskopi adalah prosedur pemeriksaan endoskopi, dilakukan menggunakan kapsul yang berisi kamera dan lampu kecil yang dikonsumsi pasien.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Mengenal Kapsul Endoskopi untuk Diagnosis Penyakit Dalam Usus Halus
Siloam
Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RS Siloam Lippo Village Dr. dr. Tjahjadi Robert Tedjasaputra, Sp.PD-KGEH. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengembangan teknologi berjalan dinamis, tak terkecuali alat pemeriksaan terkini saluran pencernaan yaitu teknologi kapsul endoskopi.

Alat ini merupakan metode tanpa rasa sakit.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi RS Siloam Lippo Village Dr. dr. Tjahjadi Robert Tedjasaputra, Sp.PD-KGEH menerangkan kapsul endoskopi adalah prosedur pemeriksaan endoskopi yang dilakukan dengan menggunakan sebuah kapsul yang berisi kamera dan lampu kecil yang dikonsumsi oleh pasien.

Jangka waktu aktifnya kapsul tersebut bisa mencapai 12 (dua belas) jam di dalam tubuh.

Kapsul tersebut dapat mengambil gambar dari bagian usus dan mengirimkannya ke penerima sinyal di luar tubuh untuk dianalisis oleh dokter.

“Prosedur ini biasanya digunakan untuk memeriksa usus halus, karena bagian tersebut adalah bagian yang sulit dijangkau dengan endoskopi konvensional” ujar dr. Robert di Jakarta, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Mengenal Endoskopi Bariatrik, Tindakan Medis Alternatif Atasi Obesitas

Lebih lanjut, ia menyebut tujuan utama dari kapsul endoskopi adalah untuk membantu mendiagnosis kelainan pada saluran pencernaan, seperti: Lesi dan polip, Crohn's disease dan colitis ulseratif (IBD), Tumorm.

BERITA REKOMENDASI

"Kapsul endoskopi dapat membantu menemukan tumor pada saluran pencernaan yang sulit dijangkau pada usus halus," terang dr Robert.

Dengan kapsul endoskopi pasien memungkinkan untuk melakukan aktivitas normal tanpa memerlukan anestesi dan intervensi bedah.

Prosedur Penggunaan Kapsul Endoskopi

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan oleh pasien sebelum diberikan kapsul endoskopi.

Pertama, pasien harus berpuasa selama kurang lebih 6 (enam) jam sebelum prosedur dilakukan.

Kedua, kapsul endoskopi ditelan oleh pasien dan akan melewati saluran pencernaan dan bekerja mengambil gambar dari bagian dalam usus pasien.

Beberapa jam kemudian setelah kapsul masuk ke dalam tubuh, pasien akan dimonitor oleh penerima sinyal yang bertugas mengambil gambar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas