Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Tips Memilih Body Care dan Skincare yang Tidak Mengandung Steroid Menurut Dokter Spesialis Kulit

Menurut penjelasan dr Zahra Ayu, jika steroid yang terdapat pada body lotion tersebut dipakai sehari-hari dapat menimbulkan stretch mark.

Penulis: Irma Rahmasari
zoom-in Tips Memilih Body Care dan Skincare yang Tidak Mengandung Steroid Menurut Dokter Spesialis Kulit
Freepik.com
Ilustrasi skincare dan body care, berikut tips dari dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK mengenai cara memilih skincare dan body care yang tidak mengandung steroid 

TRIBUNNEWS.COM, KESEHATAN - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK bagikan tips memilih body care atau skincare yang tidak mengandung steroid.

Kandungan steroid tak hanya ditemukan pada krim wajah saja, namun juga dapat ditemukan pada produk perawatan tubuh atau body lotion.

Steroid atau dikenal dengan kortikosteroid, baik dalam bentuk oral maupun topikal, merupakan obat untuk mengatasi peradangan pada tubuh.

Krim anti radang ini memiliki efek hipopigmentasi atau dapat memutihkan kulit.

Baca juga: dr Zahra Paparkan Tanda-tanda Wajah yang Terpapar Krim Steroid, Muncul Urat Halus hingga Berjerawat

Menurut penjelasan dr Zahra Ayu Lukita Sari, jika steroid yang terdapat pada body lotion tersebut dipakai sehari-hari dapat menimbulkan permasalahan kulit tubuh seperti munculnya stretch mark.

Stretch mark merupakan suatu guratan yang sering nampak pada kulit tubuh yang banyak mengandung lemak, yang sering kali ditemui pada bagian paha, betis, dan juga anggota tubuh lainnya.

Baca juga: 5 Tips Hilangkan Komedo di Hidung dengan Bahan Alami, Uap Air Hangat hingga Scrub Oatmeal

BERITA TERKAIT

Untuk itu, sebelum membeli produk baik untuk perawatan wajah atau perawatan tubuh, ada baiknya memperhatikan kandungan atau komposisi daripada produk tersebut.

Dilansir TribunHealth, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Zahra Ayu Lukita Sari, Sp.KK memberikan penjelasan tersebut dalam tayangan YouTube Tribun Lampung News Video.

dr Zahra Ayu Lukita Sari imbau untuk berhati-hati dalam membeli body care seperti krim wajah, body lotion, ataupun skincare lainnya.

Berikut ini tips dari dr Zahra Ayu Lukita Sari mengenai cara memilih body care atau skincare yang tepat agar terhindar dari kandungan steroid.

Baca juga: Sederet Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Menurut Dokter Kulit, Salah Satunya Hindari Paraben

1. Pastikan membeli body care yang sudah terdaftar BPOM

dr Zahra Ayu Lukita Sari menyarankan sebelum membeli body care sebaiknya melakukan pengecekan pada BPOM terlebih dahulu terkait body care atau skincare yang akan dibeli.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas