Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Tips Merawat Kulit Berminyak Menurut Dokter Kecantikan, Terapkan 5 Hal Ini Agar Terhindar Jerawat

Ketika minyak terlalu berlebihan produksinya, kemudian bercampur dengan sel kulit mati, debu, dan kotoran lainnya dapat sebabkan masalah kulit.

Penulis: Irma Rahmasari
zoom-in Tips Merawat Kulit Berminyak Menurut Dokter Kecantikan, Terapkan 5 Hal Ini Agar Terhindar Jerawat
freepik.com
Ilustrasi perawatan kulit berminyak, berikut simak tips dari dr Amelica Oksariani, M Biomed (AAM) mengenai cara merawat kulit yang berminyak supaya tidak timbul jerawat 

TRIBUNNEWS.COM, KESEHATAN - Dokter Kecantikan, dr Amelica Oksariani, M Biomed (AAM) bagikan tips untuk merawat kulit yang berminyak agar terhindar dari permasalahan jerawat.

Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum.

Sebum sendiri merupakan minyak alami yang berfungsi untuk melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih dapat membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau.

dr Amelica Oksariani menyebutkan, minyak pada kulit sebenarnya berfungsi sebagai moisturizer alami atau sebagai pelumas pada kulit yang dapat melembapkan kulit.

Namun, ketika minyak tersebut terlalu berlebihan produksinya dan kemudian bercampur dengan sel kulit mati, debu, sisa make up, dan kotoran lainnya dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Baca juga: Sering Nyeri Menstruasi? Berikut dr Zaidul Akbar Bagikan Tips untuk Mengatasinya

Masalah yang kerap timbul akibat pencampuran minyak di kulit wajah dengan hal-hal tersebut ialah terjadinya penyumbatan pada pori-pori yang akhinya timbulnya komedo dan jerawat.

BERITA TERKAIT

Hal tersebut disampaikan Dokter Kecantikan, dr Amelica Oksariani, M Biomed (AAM) yang dilansir TribunHealth dalam tayangan YouTube Tribun Lampung News Video.

Menurut penjelasan dr Amelica Oksariani, aktivitas bakteri penyebab jerawat sangat menyukai hal-hal yang kotor dan menyukai sumbatan.

Ketika pori-pori terjadi sumbatan, bakteri akan langsung masuk ke dalam pori-pori yang akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat.

Untuk mencegah terjadinya jerawat akibat kulit berminyak yang bercampur dengan kotoran, dr Amelica Oksariani bagikan beberapa tips untuk merawat kulit berminyak seperti berikut.

1. Rajin cuci wajah dengan sabun

Iustrasi mencuci wajah dengan sabun untuk merawat kulit berminyak
Iustrasi mencuci wajah dengan sabun untuk merawat kulit berminyak (sheknows.com)

dr Amelica Oksariani imbau untuk rajin membersihkan wajah atau mencuci wajah dengan menggunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Meskipun diimbau gunakan sabun wajah, namun penggunaan sabun wajah tersebut hanya boleh digunakan dua kali dalam sehari.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas