Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Cara Menjaga Kesadaran untuk Hidup Lebih Sehat Walau Pandemi Usai

Pandemi mendorong masyarakat di wilayah Asia Pasifik untuk mengevaluasi kembali prioritas mereka, dengan 77 persen menjadi lebih sadar akan kesehatan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
zoom-in Cara Menjaga Kesadaran untuk Hidup Lebih Sehat Walau Pandemi Usai
Freepik
Ilustrasi olahraga 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia kesadaran hidup sehat dan bersih meningkat.

Meski ini sudah berangsur normal atau berstatus endemi, panggilan untuk tetap merawat dan mengelola tubuh setiap hari tetap menjadi rutinitas.

Hal ini sesuai survei Survei Herbalife Asia Pacific Health Priority Survey yang terbaru yang dilakukan pada April 2023 lalu.

"Pandemi mendorong masyarakat di wilayah Asia Pasifik untuk mengevaluasi kembali prioritas mereka, dengan 77 persen menjadi lebih sadar akan kesehatan," ujar Vice President for Nutrition Training, Herbalife, Dr. Luigi Gratton dikutip Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Cegah Penyakit Diabetes Sejak Dini dengan Menerapkan 4 Gaya Hidup Sehat Seperti Berikut

Tujuan kesehatan utama yang ada saat ini adalah peningkatan kesehatan secara keseluruhan (51 persen), peningkatan kekebalan tubuh (46 persen), menjaga kualitas tidur lebih yang baik (46 persen), kebiasaan makan yang sehat (42 persen), dan meningkatkan kesehatan mental (40 persen).

Adapun generasi muda lebih peka terhadap pentingnya kesehatan mental: 46 persen memberikan prioritas pada kesehatan mental pascapandemi, dibandingkan dengan 34 persen dari generasi yang lebih tua.

BERITA REKOMENDASI

Bagi Generasi X dan Boomer, kekebalan tubuh yang lebih kuat menjadi fokus utama: separuh dari mereka bertujuan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka, bersamaan dengan 42 persen dari Generasi Z dan Milenial yang lebih muda. 

Untuk mencapai tujuan tersebut, 85 persen dari responden yang disurvei sedang aktif melakukan perubahan gaya hidup positif. 

“Secara keseluruhan, survei tersebut mengungkapkan bahwa orang semakin memprioritaskan kesehatan mereka, mengonsumsi makanan yang tepat diimbangi dengan olahraga teratur dan dukungan sosial dari kelompok/komunitas adalah dasar-dasar kunci kehidupan sehat,” ungkap Luigi.

Ada tiga pilar dasar utama untuk hidup sehat:

1. Nutrisi untuk kesehatan jangka panjang

Nutrisi memainkan peran penting dalam mendukung kesehatan secara keseluruhan. 

Agar terus dalam kondisi terbaik, tubuh memerlukan campuran nutrisi yang kompleks, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral yang tepat, serta cairan untuk menjaga hidrasi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas