Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Setumpuk Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan dan Atasi Diabetes

Madu hitam pahit merupakan jenis madu yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga tanaman tertentu yang menghasilkan rasa pahit.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Setumpuk Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan dan Atasi Diabetes
pixabay/fancycravet
Ilustrasi madu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Madu hitam pahit merupakan jenis madu yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga tanaman tertentu yang menghasilkan rasa pahit.

Madu jenis ini, dikenal mempunyai sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk potensinya dalam mengatasi diabetes.

Madu hitam pahit sangat bagus untuk dikonsumsi oleh semua orang, khususnya penderita diabetes, karena dapat mengatur kadar gula dalam darah.

Dirangkum dari berbagai sumber, madu hitam berasal dari lebah hutan yang menghisap sari bunga pohon mahoni yang kaya akan zat alkaloid yang berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif untuk menyembuhkan peradangan. 

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung asam fenolat yang merupakan salah satu kelompok senyawa terpenting pada tumbuhan.

Senyawa ini berperan sebagai antioksidan alami yang menghambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

BERITA TERKAIT

Berkat kandungan senyawa ini, madu hitam bermanfaat untuk menghilangkan kanker, antiinflamasi, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Berikut deretan manfaat madu hitam : 

Sumber Antioksidan

Madu hitam pahit mengandung banyak antioksidan seperti flavonoid dan fenolik. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit kronis.

Meningkatkan Imunitas

Kandungan nutrisi dalam madu hitam pahit, termasuk vitamin dan mineral, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Membantu Pencernaan

Madu hitam pahit memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan melawan bakteri jahat dan memperbaiki flora usus.

Menjaga Kesehatan Jantung

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas