Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Pakar Ungkap Efek Konsumsi Air Tak Sehat, Bisa Sakit Lambung hingga Stunting

Air minum sehat adalah satu komponen penting yang dibutuhkan manusia. Ada banyak efek kepada tubuh jika seseorang kerap meminum air yang tidak sehat.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Dodi Esvandi
zoom-in Pakar Ungkap Efek Konsumsi Air Tak Sehat, Bisa Sakit Lambung hingga Stunting
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Diskusi soal kriteria air sehat yang digelar PT PT Tirta Investama (Danone AQUA Group) di Pabrik AQUA Klaten, Jawa Tengah, Selasa (22/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Air minum sehat adalah satu komponen penting yang dibutuhkan manusia.

Ada banyak efek kepada tubuh jika seseorang kerap meminum air yang tidak sehat.

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Fakultas Kedokteran UI, dr. Diana Sunardi mengatakan ada sejumlah penyakit jika meminum air minum yang tidak murni.

"Kalau dulu memang paling sering kita kenal adalah diare. Tetapi semakin ke sini, penelitian menunjukan bahwa pengaruhnya itu banyak banget mulai dari stunting," kata Diana dalam acara talkshow Aqua media trip 100 persen upaya menjaga 100 persen kemurnian air, Selasa (23/7/2024).

Diana membeberkan efek yang berkaitan dengan stunting yaitu bakteri baik dan jahat di dalam usus saluran cerna pada anak-anak adalah hal yang sangat penting.

Sebab imunitas tubuh yang utama ada di saluran pencernaan.

Baca juga: BPOM Rutin Awasi Peredaran Air Minum Dalam Kemasan yang Dikonsumsi Masyarakat

BERITA TERKAIT

Bahkan, Diana mengatakan risiko penyakit paling besar yakni kanker.

Hal tersebut karena air yang sudah terkontaminasi dari logam berat.

Selain itu, terdapat penelitian yang juga berpengaruh kepada penyakit lambung yakni infeksi helicobacter pylori.

Adapun dampaknya yakni penyerapan makanan yang tidak sempurna karena saluran cerna yang tidak sehat.

"Probiotik simbangan bakteri baik dan bakteri jahat di saluran cerna yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak, itu ternyata lebih banyak pada anak-anak yang mengkonsumsi air yang berkualitas atau air yang sehat," imbuhnya.

Dosen Departemen Teknik Geologi UGM sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Aliansi Wali Sumber Daya Air Indonesia, Prof Heru Hendrayana mengatakan air yang dikategorikan sehat yakni air yang berada di permukaan bawah.

"Kalau teman-teman mau cari air minum tentunya bukan air atas permukaan pasti buruk, kita lihatnya yang ada di bawah. air yang dibawah kualitasnya sangat tergantung dari sumbernya," ungkapnya.

"Air di bawah yang lewat dipengaruhi dari batuan yang dilewati, batu kan mineral, nah itu kan ilmiah air yang paling atas sudah pasti buruk karena ada pengaruh human activities, makannya yang baik yang dibawah ada satu lapisan yang melindungi," sambungnya.

Caption foto: Diskusi soal kriteria air sehat yang digelar PT PT Tirta Investama (Danone AQUA Group) di Pabrik AQUA Klaten, Jawa Tengah, Selasa (22/7/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas