Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Kesehatan

Nutrisi dan Simulasi Penting di 1000 Hari Pertama Kehidupan, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

1000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode emas yang menentukan masa depan anak.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Nutrisi dan Simulasi Penting di 1000 Hari Pertama Kehidupan, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua
Shutterstock
Ilustrasi anak saat masa pertumbuhan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – 1000 hari pertama kehidupan (HPK) merupakan periode emas yang menentukan masa depan anak.

Tak melulu soal nutrisi saja, simulasi yang tepat sangat penting memaksimalkan tumbuh kembang anak di masa depan.

Baca juga: Kepala BKKBN Ingatkan 1000 HPK Jadi Fase Terbaik Perkembangan Otak Anak




Kehilangan kesempatan masa ini tidak bisa diubah. Misalkan berdampak pada konsekuensi penyakit kronis mulai stunting, hingga gangguan kardiovaskuler, sampai gangguan pertumbuhan lain.

Banyak penelitian juga menunjukkan, anak yang menerima nutrisi dan stimulasi yang tepat selama 1000 HPK memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dan keterampilan sosial yang lebih baik.

Seorang mom influencer dan dokter yang aktif mengedukasi masyarakat Reisa Broto Asmoro, menyetujui pentingnya peran orang tua di masa 1000 HPK.

“Menemani anak bertumbuh merupakan pengalaman istimewa, tak terlupakan, dan tidak dapat diulangi oleh orang tua, karena itu menarik sekali jika ada wadah untuk mengumpulkan kisah-kisah manis ini dan dapat membaca pengalaman orang tua lain untuk menjadi pembelajaran, juga hiburan,” ujar Reisa Broto Asmoro dalam kegiatan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Layanan Stimulasi Berperan Dalam Pengembangan Tumbuh Kembang Anak 

BERITA TERKAIT

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur menekankan, organ dan otak tumbuh pesat di masa tersebut. Sekitar 80 persen sel saraf otak sudah selesai terbentuk dan merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan anak, di mana pondasi untuk kecerdasan, emosional, dan sosial anak terbentuk.

“Stimulasi dan nutrisi yang tepat selama periode ini sangat penting untuk mencapai potensi maksimal anak. Menyadarkan orang tua tentang pentingnya memberikan perhatian selama 1000 HPK adalah kunci untuk memastikan tumbuh kembang anak yang optimal,” ujar dokter Muliaman dalam keteranganya, Senin (5/8/2024).

Pihaknya berkomitmen mendukung orang tua mengoptimalkan periode krusial ini melalui Tiga Pilar: Gali Potensi, Beri Atensi, dan Nutrisi Terbaik.

Pertama, pilar "Gali Potensi" yang memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi minat dan bakat mereka tanpa paksaan, mendorong mereka untuk menemukan potensi diri mereka.

Kedua, pilar "Beri Atensi" yang menekankan pentingnya memberikan stimulasi, kasih sayang, dan interaksi yang berkualitas untuk membangun koneksi emosional yang kuat dan mendukung perkembangan sosial dan emosional anak.

Ketiga, pilar "Nutrisi Terbaik" yang memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi anak dengan makanan bergizi seimbang dan suplemen yang tepat untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak, daya tahan tubuh kuat, dan fisik yang optimal.

“Mengusung tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju, pemerintah tahun ini menunjukkan tekad kuatnya untuk memastikan anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Hal ini selaras dengan komitmen kami yang senantiasa mendukung orang tua Indonesia dalam mewujudkan tumbuh kembang optimal,” ujar Business Unit Head Morinaga Growing Up Milk Junita.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas